Sukses

Kurma Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Faktanya

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks terkait kurma

Liputan6.com, Jakarta- Pembuat hoaks memanfaatkan apa saja untuk dijadikan bahan berita bohong, salah satunya adalah kurma. Buah asal Timur Tengah ini dikaitkan dengan beragam isu untuk membuat masyarakat terkecoh.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks terkait kurma, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar kurma.

Dosen UIN Antasari Imbau Tak Beli Kurma dari Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Dosen UIN Antasari imbau tak beli kurma dari Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Maret 2024.

Klaim Dosen UIN Antasari imbau tak beli kurma dari Israel berupa tulisan sebagai berikut.

"⚠ Jangan DibeliMERK KURMA INI

Dr. Anang Saifuddin, MA Dosen UIN Antasarih Bjm

Inilah Daftar Merk Kurma Import Asal Israel, Negara Ini Membunuh Kaum Muslimin :

Sehubungan Dengan Persiapan Untuk Romadhon, Harap Di Perhatikan Dengan Seksama Agar JANGAN BELI KURMA Dari Israeli, Yang Di Jual Dengan Nama-Nama Merk Sbb:

1.Bomaja

2.Carmel Agrexco

3.Delilah

4.Desert Diamond

5.Hadiklaim

6.Jordan Plains

7.Jordan River

8.King Solomon

9.Paradise Dates

10.Rapunzel

11.Red Sea

12.Royal Treasure

13.Shams

14.Tamara

BANTU SEBARKAN...

Syukron"

Benarkah klaim Dosen UIN Antasari imbau tak beli kurma dari Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengonsumsi Kurma Muda Bisa Mempercepat Proses Kehamilan

Klaim mengonsumsi buah kurma muda dapat mempercepat proses kehamilan beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 29 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto buah berwarna kuning. Buah tersebut disebut-sebut sebagai kurma muda. Kemudian ia menuliskan narasi berisi klaim bahwa mengonsumsi kurma muda bisa mempercepat proses kehamilan.

"Yang belum hamil coba ber ikhtiar konsumsi buah ini ya bunda,,,Mudah2an dengan izin Allah swt.Banyak juga yang sudah berhasil 😃😃😃," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali dibagikan dan mendapat 26 komentar dari warganet.

Benarkah mengonsumsi buah kurma muda dapat mempercepat proses kehamilan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

 Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.