Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Seputar Kesehatan hingga Penampakan Sosok Misterius

Untuk memudahkan masyarakat mengenali hoaks yang sedang beredar, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam informasi palsu terkini yang ada di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta- Peredaran hoaks di media sosial semakin beragam, kondisi ini perlu diwaspadai sebab informasi palsu terserbut terkadang sulit dikenali.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali hoaks yang sedang beredar, Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam informasi palsu terkini yang ada di media sosial.

Agar tak menjadi korban, simak daftar berikut ini.

1. Mendeteksi Stroke dengan Menempelkan Jari Telunjuk dan Kelingking

Klaim tentang mendeteksi stroke dengan menempelkan jari telunjuk dan kelingking beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 3 April 2024 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah video yang diklaim sebagai cara mendeteksi stroke. Dalam video dijelaskan bahwa cara mendeteksi stroke hanya dengan menempelkan jari telunjuk dan kelingking.

"Kalau kalian berhasil menempelkan kelingking ke telunjuk Berarti kalian jauh dari penyakit asam urat dan stroke," demikian narasi dalam video tersebut.

"Yuk di coba ges," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 301 kali dibagikan dan mendapat 2.200 komentar dari warganet.

Benarkah cara mendeteksi stroke hanya dengan menempelkan jari telunjuk dan kelingking? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

2. Penemuan Semburan Lumpur Bercampur Gas IKN akan Tenggelam

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim IKN akan tenggelam ditemukan semburan lumpur bercampur gas, informasi tersebut diunggah salah satu akun Instagram, pada 1 Maret 2024.

Klaim IKN akan tenggelam ditemukan semburan lumpur bercampur gas berupa video yang menampilkan kegiatan pembangunan kemudian muncul narasi suara sebagai berikut.

"Pembangunan IKN di Kalimantan sedang berlangsung proyek besar ini kapan selesai?

Ada penemuan lubang aneh mengeluarkan lumpur di Kalimantan lumpur mengandung gas.

Apakah ibu kota baru akan tenggelam karena adanya lumpur yang menyembur di Kalimantan."

Dalam video tersebut juga menampilkan permukaan tanah yang mengeluarkan gelembung udara.

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut.

"gawat...!

ibu kota baru IKN akan tengelam oleh lumpur. di temukan semburan lumpur bercampur gas dari lubang tanah."

Benarkah klaim IKN akan tenggelam ditemukan semburan lumpur bercampur gas? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3. Pendaftaran Undian Berhadiah Bank Mandiri Sambut Ramadan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran undian berhadiah 2024 Bank Mandiri sambut Ramadan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 31 Maret 2024.

Klaim pendaftaran undian berhadiah 2024 Bank Mandiri sambut Ramadan berupa tulisan sebagai berikut.

"PROGRAM 2024" Bagi SemuaNasabah BANK Mandiri Bisa Mendaftarkan diri Ikut Serta Dalam Undian 2024 Bank Mandiri )Sambut Bulan Ramadhan dengan hadiah dari Bank Mandiri# Grand Prize Seperti :

-100 unit mobil BMW x1

-1000 unit Vespa & N.MAX

-1 unit mobil Alphard

-1 unit mobil CR-V Turbo

-1 unit mobil HR-V CVT

-1 unit mobil Xpander

-1 unit mobil Fortuner

- 10 unit Motor Scopy

-8 unit Motor Xmax

- 10 Unit TV Led 50 in.

- 20 unit Smartphone promax14

- 100emas batangan & Logam mulia

- 10 Paket Wisata singgapore

- 10 Paket Umroh Gratis

Masih banyak keuntungan lainnya...Info lebih lanjut tentang pendaftaran (GEBYAR UNDIAN BANK MANDIRI) silakan klik"

Tulisan tersebut disertai tautan "https://tukar-poin.newzs.biz.id/?fbclid=IwAR2vT5BRf1Vn6O6mVityl-2wG04COX5-gGRFZTGGzVunr2FPmYiDqcihoXA_aem_AZTbTgLuYeJbm9IkH8KyXgf723J-83dfeStSSArqUBmuTE0h7ruAeh8fgxZTNkMKfXP_bCefXCpI1r4ySV3B3SVb" yang menampilkan halaman situs berisi formulir digital.

Pengakses situs tersebut diarahkan untuk mengisi sejumlah identitas, seperti nama lengkap, nomor kartu ATM dan nomor telepon.

Benarkah klaim pendaftaran undian berhadiah 2024 Bank Mandiri sambut Ramadan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Kartun The Simpsons Memprediksi Runtuhnya Jembatan di Baltimore

Kabar tentang kartun The Simpsons memprediksi runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 29 Maret 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar berisi salah satu karakter di kartun The Simpsons yakni Homer Simpsons yang tengah melihat sebuah kapal menabrak jembatan.

Gambar itu kemudian dikaitkan dengan peristiwa jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat yang runtuh setelah ditabrak sebuah kapal kargo.

"The Simpsons never disappoint with their eeriely accurate predictions," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 29 kali dibagikan dan mendapat 12 respons dari warganet.

Sebelumnya, sebagian dari Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, AS runtuh setelah sebuah kapal kargo bertabrakan dengannya pada Selasa 26 Maret 2024 pagi, menyebabkan banyak kendaraan jatuh ke air.

Sekitar pukul 01.30, sebuah kapal menabrak jembatan, terbakar lalu tenggelam. Sebuah video yang diposting di X terlihat menunjukkan sebagian besar jembatan sepanjang 2,6 km itu ambruk karena sejumlah kendaraan jatuh ke air di bawahnya.

 "Semua jalur ditutup kedua arah karena kejadian di Jembatan Kunci I-695. Lalu lintas dialihkan," tulis Otoritas Transportasi Maryland di X seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (26/3/2024). 

Benarkah dalam gambar tersebut kartun The Simpsons memprediksi runtuhnya jembatan di Baltimore, Amerika Serikat? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

5. Video Rumah Roboh Akibat Gempa Tuban

Cek Fakta Liputa6.com mendapati klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook 22 Maret 2024.

Klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban menampilkan sebuah bangunan bertingkat berbentu rumah yang terletak di pinggir jalan, kemudian pada sebagian bangunan tersebut roboh dari bagian atap hingga temboknya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pulau bawean gresek

#gempapulaujawa

#gempatuban"

Benarkah klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

6. Video Penampakan Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Maret 2024.

Unggahan klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan menampilkan sebuah benda keluar menunju atas dari balik benda berwarna putih. Kemudian benda tersebut terlihat melebar dan kembali turun.

Dalam video tersebut terdapat tulisan berikut.

"Nampak jelas penampakan nyi roro kidul di langit pantai selatan"

Benarkah klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini