Sukses

Kumpulan Hoaks Catut Nama Prabowo, dari Rekaman Suara hingga Foto

Prabowo Subianto kerap menjadi sasaran hoaks belakangan ini. Hoaks ini muncul dalam berbagai tema dan tersebar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto kerap menjadi sasaran hoaks belakangan ini. Hoaks ini muncul dalam berbagai tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks catut nama Prabowo terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Prabowo dan Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 30 Juta dengan Mendaftar Lewat Whatsapp

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto dan Jusuf Hamka membagikan uang Rp 30 juta hanya dengan mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo Subianto dengan Jusuf Hamka dilengkapi dengan narasi:

"Yang bisa tangkap koper dengan tepat bapa transfer 30.000.000 cash tanpa undi hari ini juga"

Akun itu juga menambahkan narasi "Yang ingin mendapatkan kemenangan silahkan wa kami "https://wa.me/62857688203xx"

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto dan Jusuf Hamka membagikan uang Rp 30 juta hanya dengan mendaftar melalui Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Prabowo Sakit Setelah Joget di Istora Senayan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Prabowo sakit setelah joget di Istora Senayan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 Februari 2024.

Klaim foto Prabowo sakit setelah joget di Istora Senayan memperlihatkan seorang sedang berbaring dengan tangan sebelah kiri tersambung benda kecil dan panjang seperti kabel.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "setelah pidato dan joget di Istora Senayan Capres Gemoy dirawat di rumah sakit? Ngeri dag dig dug".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"kasian p prabowo sakit, dia pengen jadi presiden dia melakukan apa saja biar pun itu dosa yang penting menang tapi p prabowo, gak sadar, dia cuman di memaafkan, jokowi, biar anak nya jadi presiden, kalo orang pinter pasti pilih no 1 atau 2 mohon maaf iya saya tidak benci sama p. Prabowo tapi saya tidak mau kipran jadi presiden nurut saya kurang baik, Untuk jadi presiden"

Benarkah klaim foto Prabowo sakit setelah joget di Istora Senayan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Rekaman Suara Prabowo Subianto Promosikan Jam Tangan Usai Raih Kemenangan Hasil Hitung Cepat Ini Hasil Modifikasi AI

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 16 Februari 2024.

Di dalam postingannya terdapat rekaman suara Prabowo Subianto dengan narasi sebagai berikut:

"Alhamdulillah untuk merayakan kemenangan hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei, saya instruksikan kepada pendukung dan simpatisan saya untuk jual murah jam tangan mewah tahan air di kedalaman 30 meter ini cuma 30 ribu saja. Desainnya mewah cocok untuk dipakai pria maupun wanita.

Untuk dapatkan harga murahnya klik suka komen kota asal dan beli di keranjang kuning"

Akun itu menambahkan narasi:

"*GUWEH KIRA KLAIM KEMENANGAN MERASA DIATAS ANGIN AJA NIH OMON OMON*

*EHK NGGA TAUNYA DODOL..MALAH JUALAN JAM TANGAN*😂

*COCOKAN JUALAN JAM AJA DAH..PAK..WKAKAWKAKKWAKAK*"

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto mempromosikan jam tangan usai meraih kemenangan dalam perhitungan suara cepat? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini