Sukses

Cek Fakta: Hoaks Prabowo dan Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 30 Juta dengan Mendaftar Lewat Whatsapp

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto dan Jusuf Hamka membagikan uang Rp 30 juta hanya dengan mendaftar melalui Whatsapp.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto dan Jusuf Hamka membagikan uang Rp 30 juta hanya dengan mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 21 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Prabowo Subianto dengan Jusuf Hamka dilengkapi dengan narasi:

"Yang bisa tangkap koper dengan tepat bapa transfer 30.000.000 cash tanpa undi hari ini juga"

Akun itu juga menambahkan narasi "Yang ingin mendapatkan kemenangan silahkan wa kami "https://wa.me/62857688203xx"

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto dan Jusuf Hamka membagikan uang Rp 30 juta hanya dengan mendaftar melalui Whatsapp?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah pada akun Instagram Jusuf Hamka, @jusufhamka yang bercentang biru atau terverifikasi.

Namun unggahan itu sama sekali tidak terkait dengan pembagian uang sebesar Rp 30 juta dengan mendaftar melalui Whatsapp. Unggahan itu terkait pertemuan Jusuf Hamka dengan Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan pada 5 Juli 2023 lalu.

Berikut isi unggahannya:

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jusuf Hamka | Babah Alun (@jusufhamka)

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com beberapa kali menemukan akun palsu Jusuf Hamka di Facebook dengan klaim serupa. Padahal Jusuf Hamka sudah menjelaskan tidak punya akun media sosial selain @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Ia juga menjelaskan tidak punya akun resmi di Facebook. Postingan pada 31 Maret 2023 itu juga disertai narasi:

"HATI2 PENIPUAN. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan dengan menggunakan nama saya.

Untuk itu saya tegaskan kembali melalui video di atas ini. Mohon tidak mudah percaya kepada akun-akun lain, kecuali Instagram dan Tiktok seperti video di atas ini.

Bila ada yang minta-minta nomor rekening atau uang administrasi, mohon jangan dilayani karena itu pasti penipuan.

Think smart, do smart, and be smart."

Postingan yang beredar viral di Facebook mengarahkan masyarakat pada link tertentu. Ini merupakan modus pencurian data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Selain itu sangat berbahaya jika memberikan data pribadi seperti buku tabungan untuk diunggah di media sosial. Pasalnya data pribadi ini rawan digunakan untuk penipuan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan Prabowo Subianto dan Jusuf Hamka membagikan uang Rp 30 juta hanya dengan mendaftar melalui Whatsapp adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.