Sukses

6 Hoaks yang Beredar Sepekan, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan

Liputan6.com, Jakarta- Media sosial menjadi salah satu saluran yang digunakan untuk menyebar informasi, namun tidak semua kabar yang beredar tersebut benar, sebab itu kita perlu hati-hati.

Agar kita tidak mempercayai informasi yang salah atau hoaks sebaiknya kita pastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya. Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar dalam sepekan.

1. Foto Pasien RSJ Korban Gagal Caleg 2024

Penelusuran klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Februari 2024.

Unggahan klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024 menampilkan sejumlah orang menegnakan model baju yang sama dengan warna biru dan ungu yang sedang berada di dalam ruangan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hari ini terpantau banyak pesanan kamar di RSJ.Ada antrian pasien korban gagal caleg 2024.Tetaplah bersyukur apapun keadaanmu hari iniLihat çaleg dari Partai oligarki banyak yg gagal calon uang sudah banyak habis ' rumah sakit jiwa ujung" nya😂😂😂"

Benarkah klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

2. Pembagian Hadiah Lewat Gebyar Bank BNI Spesial Tahun Baru 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pembagian hadiah lewat gebyar Bank BNI spesial tahun baru 2024, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Februari 2024.

Klaim pembagian hadiah lewat gebyar Bank BNI spesial tahun baru 2024 berupa tulisan sebagai berikut.

"𝙂𝙀𝘽𝙔𝘼𝙍 BANK BNI 𝙎𝙋𝙀𝘾𝙄𝘼𝙇 𝙏𝘼𝙃𝙐𝙉 𝘽𝘼𝙍𝙐 𝟮𝟬𝟮𝟰𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝘽𝙖𝙣𝙠 BNI.

𝘼𝙔𝙊..𝘽𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙖𝙜𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙢𝙪 𝘽𝙚𝙧𝙠𝙚𝙨𝙚𝙢𝙥𝙖𝙩𝙖𝙣 𝙈𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙋𝙚𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜...𝙃𝘼𝘿𝙄𝘼𝙃 𝙐𝙏𝘼𝙈𝘼

𝟭.𝙈𝙊𝘽𝙄𝙇 𝙏𝙀𝙎𝙇𝘼

𝟮.𝙈𝙊𝘽𝙄𝙇 𝙃𝙄𝙇𝙐𝙓 𝘿𝙪𝙗𝙡𝙚 𝘾𝙖𝙗𝙞𝙣

𝟯.𝙈𝙊𝘽𝙄𝙇 𝙍𝘼𝙄𝙕

𝟰.𝙈𝙊𝘽𝙄𝙇 𝙃𝙊𝙉𝘿𝘼 𝘽𝙍𝙄𝙊.

𝟱.𝙈𝙊𝙏𝙊𝙍 𝙃𝙊𝙉𝘿𝘼 (𝙋𝘾𝙓 𝟭𝟲𝟬) 𝟭𝟬𝟬 𝙐𝙉𝙄𝙏

𝘽𝙖𝙩𝙖𝙨 𝙋𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 𝘁𝗴𝗹 𝟮𝟱 𝙁𝙚𝙗𝙧𝙪𝙖𝙧𝙞 𝟮𝟬𝟮𝟰..

𝙎𝙞𝙡𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙈𝙚𝙡𝙖𝙠𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙥𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 𝘽𝙞𝙖𝙧 𝘽𝙚𝙧𝙠𝙚𝙨𝙚𝙢𝙥𝙖𝙩𝙖𝙣 𝙈𝙚𝙣𝙙𝙖𝙥𝙖𝙩𝙆𝙖𝙣 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙖𝙝 𝘿𝙖𝙧𝙞 𝘽𝙖𝙣𝙠 BNI..

𝙋𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 𝙂𝙧𝙖𝙩𝙞𝙨...."

Tulisan tersebut disertai dengan tautan yang mengarah pada halaman situs, di situs tersebut memnita data identitas kita untuk pendaftarannya.

Benarkah klaim pembagian hadiah lewat gebyar Bank BNI spesial tahun baru 2024? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3. Video Pernyataan SBY Tolak Pilpres 1 Putaran

Beredar di media sosial postingan video SBY menolak hasil Pilpres 1 putaran. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat video SBY dengan narasi sebagai berikut:

"Kalau Pilpres hanya berlangsung satu putaran berarti itu curang ditambahkan lagi kalau pilpresnya curang kita tidak akan menerima. Dan negara siap-siap chaos.

Situasi ini tidak terjadi di 4 pemilu sebelumnya karenanya melalui mimbar ini saya ingin menyampaikan pandangan saya. Pandangan dari seorang yang tidak pernah absen dalam 20 tahun di era reformasi dan demokratisasi baik ketika saya berada di dalam ranah kekuasaan maupun ketika berada di luar ranah kekuasaan.

Pendapat saya menuduh apalagi memastikan bahwa pilpres ini pasti curang dan karenanya hasilnya pasti akan ditolak tentulah berlebihan. Namun di sisi lain mengabaikan suara-suara di luar yang khawatir pilpresnya bakal curang tentu juga tidak bijak."

Video itu disertai tulisan:

"SBY Respon Pernyataan: Pilpres Satu Putaran Berarti Curang !

Hot News!!! Resmi Demokrat + SBY Menolak Pilpres Prabowo 1 Putaran"

Akun itu menambahkan narasi:

"*SBY: JIKA PILPRES 1 PUTARAN BERARTI CURANG !!!*

“Kalau Pilpres hanya berlangsung satu putaran, berarti itu curang,” ungkap SBY.

Lebih lanjut SBY menyampaikan apabila Pilpres terjadi kecurangan maka negara harus siap-siap chaos.

Ditambahkan lagi: “kalau Pilpres curang kita tidak akan terima dan negara siap-siap chaos,” lanjut SBY"

Lalu benarkah postingan video SBY menolak hasil Pilpres 1 putaran? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Foto RSJ Khusus Pendukung Prabowo

 

Penelusuran klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Februari 2024.

Unggahan klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo menampilkan sebuah bangunan bertuliskan

"Instalasi Gawat Darurat

RSJ KHUSUS PENDUKUNG PRABOWO"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Buat Pendukung 02Gagal Satu Putaran 😁"

Benarkah klaim foto RSJ khusus pendukung Prabowo? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

5. Raja Arab Saudi akan Berikan Hak Pakai Tanah Jika Paslon AMIN Menang Pilpres

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Februari 2024.

Klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres berupa video Anies Baswedan sedang berbicara, berikut transkripnya.

"Terakhir kami melihat ke depan dalam jangka panjang Mari kita lihat haji umroh Indonesia itu sebagai sebuah Project yang tidak ada batas usianya.

Jangan pandang ini sebagai sebuah Project yang ada batas usianya, selama sebelum kiamat Insya Allah Kita Masih Terus mengirimkan Haji berangkat dari Indonesia.

Jadi kita harus berfikir menjangkau yang amat panjang. Artinya apa selama ini kita melihat datang haji temporer aja, numpang di tempat si si b, itu apa sih hotel ini Hotel itu hotel ini, itu numpang bukan?.

Padahal kita ada jamaah haji seumur-umur ada Indonesia seumur-umur ada umat manusia kita akan terus haji. Jadi sudah saatnya kita membangun kampung Haji Indonesia, sebagai sebuah investasi jangka panjang, kenapa? karena jelas akan ada yang datang. Setiap tahun ada yang haji setiap tahun ada yang umroh kenapa Kita selalu numpang sama yang lain? kenapa Kita tidak membuat sendiri Dan kita punya sumber dayanya di sana.

Kalau kita punya kampung haji maka harapannya ini menjadi tempat di mana peredaran dana pun akan berada di lingkar-lingkar usaha milik bangsa Indonesia, sekarang kita di sana ngeplos saja bawa uang ga muter ke kita.

Jadi kita memperkirakan kampung Haji ini bisa menampung sampai 40.000 jamaah haji, bisa umroh haji makanan Indonesia dan semua pelayanan yang membuat kita secara tujuan ibadah terjalankan kegiatan perekonomian bergerak dengan baik, lalu secara perwakilan budaya seluruh jamaah haji dunia akan bisa mampir ke kampung Indonesia dan merasakan Indonesia di tanah suci."

Vidieo tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"*JANJI RAJA ARAB SAUDI BILA PASLON AMIN NO 1 MENANG*

```Bila Anies menang dan jadi Presiden RI, Raja Arab Saudi akan memberikan Hak Pakai Tanah untuk didirikan "Kampung Haji Indonesia" ( baca Kawasan Pemukiman berupa Hotel ) untuk kegiatan Ibadah Haji dan Umroh. Beberapa negara Arab ( Kuwait, Qatar, Emirates dll. ) sudah siap menyumbang beberapa bangunan hotel berlantai 22 - seperti standard hotel yg ada di Kota Mekah.

Semoga Alloh SWT meredoi dan mengabulkan doa umat untuk kemenangan Anies - Muhaimin. ``` *AAMIIN YAA ROBBAL'ALAMIIN*

_*So, Jangan heran kalau Amin menang ONH jadi Rp 10 juta*_ _"ilustrasi KampunG Haji OranG Indonesia Di Saudi Arabia"_"

Benarkah klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Foto Sri Mulyani Mencoblos Pemilu 2024 di Amerika Serikat

Sebuah foto yang diklaim Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mencoblos di Amerika Serikat beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 14 Februari 2024.

Dalam foto tersebut terlihat Sri Mulyani tampak mengacungkan jari telunjuk di depan kamera. Ia terlihat mengenakan kemeja warna putih sambil tersenyum. Pada jari telunjuknya terdapat tinta Pemilu.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Sri Mulyani sudah mencoblos di Amerika Serikat.

"Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA salam satu jari Kode Alam semesta 01," demikian narasi dalam foto tersebut.

"Sri Mulyani Mentri Keuangan RI mencoblos di USA.…" tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam foto tersebut Menkeu Sri Mulyani mencoblos Pemilu 2024 di Amerika Serikat? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini