Sukses

Polri Siap Amankan Debat Pertama Pilpres 2024

Debat pilpres akan segara dilangsungkan selama lima kali sampai hari puncak Pemilu 2024 tiba, aparat kepolisian siap jaga keamanan debat pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat pasangan capres-cawapres akan digelar pada Selasa 12 Desember 2023.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Fadil Imran menyatakan, kesiapan Polri dalam memelihara keamanan pada debat pilpres pertama yang akan berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami sudah ada satgas, Satgas Preemtif, Preventif, dan Humas, semua sudah siap dan tidak ada masalah saya kira soal debat capres. Secara fisik kita bisa amankan," jelas Fadil di Jakarta, dikutip dari Antara pada Minggu (10/12/2023).

Fadil menegaskan bahwa Polri telah mendesain pengamanan yang disiapkan dengan sedemikian rupa, sehingga keamanan akan terintegrasi dengan baik pada debat pilpres pertama.

"Aman saya kira, kan desain-desain pengamanan sudah ada. Security assessment sebelum kegiatan dilakukan kan sudah kita lakukan," ujar Fadil.

Fadil mengatakan bahwa Polri tidak mempermasalahkan tempat pelaksanaan debat pertama Pilpres yang akan diadakan di ruang terbuka. Baginya semua telah dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang, sehingga berani untuk diputuskan.

"Tidak ada masalah. Mau di hotel, mau di kantor KPU, mau di gedung pertemuan, saya kira kita pasti di jauh-jauh hari sebelumnya akan melakukan security assessment supaya semua dapat berjalan dengan baik" tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal dan Topik Debat Pilpres 2024

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa debat capres dan cawapres akan diadakan selama lima kali sampai hari puncak Pemilu 2024 tiba. Debat pertama, ketiga, dan kelima akan diperuntukan sebagai ruang dialog antar-capres. Sedangkan debat kedua dan keempat akan dijatahkan untuk ketiga cawapres.

Debat Pilpres Pertama

Debat pilpres pertama akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2023 dan akan membahas topik seputar pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat Pilpres Kedua

Debat kedua akan mengulas seputar sektor ekonomi, mulai dari ekonomi digital dan kerakyatan, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur, dan perkotaan yang akan dieksekusi pada 22 Desember 2023.

Debat Pilpres Ketiga

Debat ketiga akan dilakukan pada 7 Januari 2024 dan akan mendiskusikan persoalan keamanan, pertahanan, hubungan internasional, dan juga geoplolitika.

Debat Pilpres Keempat

Debat keempat akan diselenggarakan pada 21 Januari 2024 dan akan mengupas seputar isu pembanguan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat Pilpres Kelima

Debat pilpres terakhir akan dieksekusi pada tanggal 4 Februari 2024 dengan tajuk seputar kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, SDM, dan inklusi.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.