Sukses

Hoaks Seputar Konflik Israel-Hamas Catut Pesepak Bola Dunia, Simak Daftarnya

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah nama pesepak bola dunia dicatut untuk dijadikan bahan hoaks seputar konflik Israel dan Hamas

Liputan6.com, Jakarta- Konflik Israel dengan Hamas diikuti dengan hoaks, beragam isu pun dihembuskan untuk menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Salah satu yang dijadikan bahan hoaks konflik Israel - Hamas adalah pesepak bola dunia. Sejumlah nama pemain terkenal pun dicatut informasi palsu tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah nama pesepak bola dunia dicatut untuk dijadikan bahan hoaks seputar konflik Israel dan Hamas, berikut daftarnya.

Video Dukungan Cristiano Ronaldo pada Anak-anak Palestina

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo memberikan dukungan bagi anak-anak Palestina. Postingan ini beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 November 2023.

Dalam postingan tersebut terdapat video Ronaldo dengan narasi sebagai berikut:

"Ini untuk anak Suriah, kami tahu kamu sangat menderita. Aku pemain bola yang sangat terkenal. Tapi Anda adalah pahlawan sejati. Jangan kehilangan harapanmu. Dunia bersamamu. Kami peduli padamu. Aku bersamamu."

Video itu juga disertai narasi: "Palestina aku bersamamu i love you"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo memberikan dukungan bagi anak-anak Palestina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Foto Lionel Messi Sedang Memegang Bendera Israel

Beredar di media sosial postingan foto Lionel Messi sedang memegang bendera Israel. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 November 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Lionel Messi sedang memegang bendera Israel. Postingan itu disertai narasi:

"Lionel Messi adalah pemenang Ballon d'Or delapan kali dan pemenang Sepatu Emas enam kali. Dia hanya berteman dengan Israel."

Lalu benarkah postingan foto Lionel Messi sedang memegang bendera Israel? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.