Sukses

Ragam Hoaks Catut Nama Lionel Messi, dari Sepak Bola hingga Politik

Hoaks terkait Lionel Messi banyak beredar di masyarakat. Ironisnya hoaks seputar Messi juga dikaitkan dengan tema lain di luar sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait Lionel Messi banyak beredar di masyarakat. Ironisnya hoaks seputar Messi juga dikaitkan dengan tema lain di luar sepak bola.

Lalu apa saja hoaks seputar Lionel Messi? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Foto Lionel Messi Sedang Memegang Bendera Israel

Beredar di media sosial postingan foto Lionel Messi sedang memegang bendera Israel. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 November 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Lionel Messi sedang memegang bendera Israel. Postingan itu disertai narasi:

"Lionel Messi adalah pemenang Ballon d'Or delapan kali dan pemenang Sepatu Emas enam kali. Dia hanya berteman dengan Israel."

Lalu benarkah postingan foto Lionel Messi sedang memegang bendera Israel? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Lionel Messi Sedang Memegang Dus Mie Instan

Beredar di media sosial postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Cristiano Ronaldo sedang memegang trofi. Sementara Lionel Messi sedang memegang dus mie instan.

Foto itu disertai narasi:

Liga Arab: 25 gol, 2 hattrick, 1 quattrick, 1 trofi, 1 top skor LCA.

Liga GTA: 8 gol, 0 hattrick, 0 quattrick, 0 trofi

Akun itu juga menambahkan narasi: "Ngomong ngomong, kenapa harus se-fakta ini?? Senyata ini?? Sesungguh ini???"

Lalu benarkah postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Video Lionel Messi Kaget Ada Jordi Amat di Timnas Indonesia

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Lionel Messi kaget dengan adanya Jordi Amat di Timnas Indonesia. Postingan ini beredar sejak awal pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "PUBLIK BANGGA! Tak Disangka Messi Ngaku Kaget Dan Bicara Begini Ada Jordi Amat Di Timnas Indonesia"

Sementara dalam video terdapat narasi yang menyebutkan Messi membuat komentar:

"Saya mengenal Jordi sudah lama saat dia bermain di Espanyol dan saya di Barcelona. Saya baru tahu dia pemain Indonesia, dia juga pemain yang bagus kuat dalam bertahan," kata Lionel Messi dikutip Sumar TV dari Marca."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Lionel Messi kaget dengan adanya Jordi Amat di Timnas Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini