Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Luhut Binsar Pandjaitan Mundur dari Jabatan Menteri

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Luhut Binsar Padjaitan mundur dari jabatan menteri

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Luhut Binsar Padjaitan mundur dari jabatan menteri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Oktober 2023.

Unggahan klaim Luhut Binsar Padjaitan munudur dari jabatan menteri menampilkan tangkapan layar artikel situs Tribun Pontianak.co.id berjudul "Alasan Luhut Resmi Mundur jadi Menteri Jokowi".

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat waktu tayang yaitu Rabu, 11 Oktober 2023 pukul 15.47 WIB. Klaim tersebut pun disertai dengan foto Luhut mengenakan baju putih.

Tangkapan layar tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut.

"Copas Dari NICO SILALAHI..Mari Kita Aamiinkan.. 🤲🤲

Udah Resmi Rupanya Si luhut Mundur. Semoga di segerakan Jokowi Lengser. Lagian Prestasi Jokowi Itu Hanya Mampu Menghasilkan Swasembada Utang Plus Membuat Dinasty Kekuasaan Serta Mengusir Rakyat Dari Tanah Ulayatnya Sendiri.

Mari Kita Saksikan Karya Pemilik Semesta...

Note: Mungkin Karena Sakit Yg Di Derita nya Sehingga Bertaubat Terlalu Bnyk Dosa.."

Benarkah klaim Luhut Binsar Padjaitan munudur dari jabatan menteri? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Luhut Binsar Padjaitan mundur dari jabatan menteri, Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menyatakan, informasi Luhut Binsar Padjaitan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tidak benar.

"Menanggapi informasi yang beredar mengenai Pak Menko Luhut dikabarkan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saya ingin memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar," kata Jodi kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Menurut Jodi, saat ini Luhut masih menjalani perawatan di rumah sakit Singapura, dengan kondisi yang lebih baik dibanding dari sebelumnya.

"Pak Luhut masih dalam perawatan di Singapura dengan kondisi yang sudah sangat baik dibanding sebelumnya. perawatan saat ini dititikberatkan pada fisiotherapy," ujarnya.

Dalam artikel berjudul "Jubir Kemenko Marves Bantah Menko Luhut Mengundurkan Diri dari Kabinet Indonesia Maju" yang dimuat Liputan6.com, pada 24 Oktober 2023, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga menepis kabar yang menyebutkan Menko Luhut mengundurkan diri dari kabinet Indonesia Maju.

“Enggak kok, saya enggak dengar ya,” tutur Bahlil, di Kompleks Istana Kepresidenan, dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, kondisi kesehatan Luhut terus membaik. Bahlil juga meminta masyarakat untuk terus memanjatkan doa supaya Luhut dapat segera pulih dan beraktivitas normal kembali.

“Alhamdullilah Opung (Luhut) sudah membaik. Insya Allah kita doakan biar cepat pulih bisa kembali untuk beraktivitas seperti sedia kala,” tutur dia.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Luhut Binsar Padjaitan mundur dari jabatan menteri tidak benar.

Saat ini Luhut masih menjabat sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi dan dalam perawatan dititikberatkan pada fisiotherapy di Singapura dengan kondisi yang sudah sangat baik, 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.