Sukses

Jelang Pemilu 2024, Kominfo Ajak Kolaborasi Semua Pihak Ciptakan Ruang Digital Sehat

Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya menekan gangguan informasi di ruang digital untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berupaya menekan gangguan informasi di ruang digital untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai. Itu sebabnya mereka berharap semua pihak bisa bekerjasama dalam mengedukasi literasi digital masyarakat.

Mengutip hasil riset The Safer Internet Lab (SAIL) oleh CSIS dan Google Indonesia, Wamenkominfo Nezar Patria menyatakan publik masih rentan terhadap gangguan informasi yang kemudian berdampak pada kepercayaan terhadap demokrasi, institusi penyelenggara pemilu, serta penyelenggaraan pemilu.

"Survei ini menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran sentral dalam mendukung perdebatan politik menjelang pemilu 2024," ujar Nezar.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mendorong pengembangan inisiatif pemerintah terkait literasi digital, hilirisasi hasil penelitian bagi perumusan narasi komunikasi publik strategis, kolaborasi dalam amplifikasi pesan-pesan Pemilu Damai 2024.

Tak hanya itu, menurut Nezar Patria hal ini dapat ditingkatkan melalui kolaborasi antara akademisi dan pemerintah. "Mari kita ciptakan ruang digital yang sehat untuk menyelenggarakan pemilu damai pada tahun 2024," ujarmya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.