Sukses

Daftar Benda yang Dijadikan Hoaks Bisa Hasilkan Listrik

Berikut kumpulan hoaks seputar benda menghasilkan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi benda menghasilkan tenaga listrik kerap bermunculan di media sosial, namun sebaiknya tidak langsung dipercaya sebab telah ditemukan sejumlah hoaks terkait hal tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah informasi terkait benda menghasilkan listrik mulai dari batu hingga tanaman, setelah ditelusuri terungkap fakta informasi tersebut ternyata hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar benda menghasilkan listrik.

Batu Mengandung Listrik di Kongo

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penemuan batu yang mengandung listrik di Kongo, informasi tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, pada 10 Agustus 2023.

Unggahan klaim penemuan batu mengandung listrik di Kongo, mempilkan seorang sedang memegang benda berwarna perak kemudian dia menempelkan batu tersebut dengan dua utas kabel dari sisi yang berbeda yang diujungnya terdapat bola lampu.

Terlihat dalam video tersebut lampu menyela ketikan dua kabel ditemperkan pada benda yang menyerupai bongkahan batu kecil tersebut.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Di Afrika Tengah, di hutan Kongo, penduduk setempat menemukan batu yang tidak biasa dan bermuatan yang dapat digunakan bola lampu.

Vibranium itu nyata ❗"

Benarkah klaim penemuan batu mengandung listrik di Kongo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Kemasan Le Minerale Mengandung Listrik

Beredar sebuah video yang mengklaim bahwa air kemasan bermerek Le Minerale mengandung besi dan berbahaya jika dikonsumsi. Video berdurasi 2 menit 37 detik itu viral di media sosial, khususnya di aplikasi percakapan WhatsApp pada Kamis 2 Juli 2020.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria yang belum diketahui identitasnya melakukan uji coba terhadap tiga merek air mineral untuk melihat kadar zat besinya.

Pria tersebut mencoba menyalakan lampu dengan cara mencelupkan adaptor ketiga gelas yang masing-masing diklaim berisi air mineral dari ketiga merek air mineral berbeda.

"Kalau ini Le Mineral, kandungan besinya sampai 1400. Coba ini lihat," ucap pria tersebut.

Pria tersebut kemudian mengatakan bila air mineral dari merek B dan C bisa berdampak pada kesehatan. Oleh karenanya ia menyarankan lebih baik konsumsi air mineral merek A.

Benarkah air kemasan Le Minerale mengandung listrik? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

3 dari 4 halaman

Bawang Merah dan Koin Bisa Hasilkan Energi Listrik

Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan video yang menyebut bawang merah dan koin bisa menghasilkan energi listrik. Video itu juga memperlihatkan kalau bawang merah dan koin sedang mengisi baterai handphone.

Video di Youtube itu berdurasi 12 detik diunggah oleh pemilik channel Princess Youtube JR. Video bawang merah tersebut diunggah pada 22 Februari 2020 dan sudah disaksikan lebih dari 1.000 kali.

Pemilik channel pun memberikan narasi sebagai berikut di judul videonya:

"Energi listrik bisa didapatkan dari bawang merah dan koin. Benarkah???"

Apa benar bawang merah dan koin bisa menghasilkan listrik? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini