Sukses

Hoaks Seputar Kesehatan, dari Obat Sakit Gigi sampai Pelangsing Badan

Berikut kumpulan hoaks seputar kesehatan terkini

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar kesehatan menempati urutan tertinggi, berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika ada 2.293 konten dari periode Agustus 2018 hingga Juni 2023.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks kesehatan, dari obat sakit gigi hingga produk penurun berat badan.

Berikut kumpulan hoaks seputar kesehatan terkini.

Rebusan Daun Jeruk Nipis dan Garam Solusi Sakit Gigi Seumur Hidup

Beredar kembali di media sosial postingan video yang mengklaim rebusan daun jeruk nipis dan garam merupakan obat ampuh sakit gigi seumur hidup. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi "Seumur hidup enggak pernah sakit gigi lagi!!! Inilah solusi ampuh atasi sakit gigi"

Video itu menjelaskan bahwa obat sakit gigi ampuh adalah dengan mencampurkan daun jeruk nipis dengan air garam menggunakan air panas. Lalu rebusan tersebut digunakan untuk berkumur-kumur dua kali sehari.

Hingga saat ini video tersebut telah dilihat 277 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 3200 komentar.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim rebusan daun jeruk nipis dan garam merupakan obat ampuh sakit gigi seumur hidup? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menkes Budi Gunadi Sadikin Umumkan Penemuan Produk Penurun Berat Badan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun tak luput dari serangan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun mendapati klaim video Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Juli 2023.

Unggahan klaim video Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan menampilkan Budi Gunadi sedang berbicara diiringi dengan narasi suara sebagai berikut.

"Halo saya Budi Gunadi Saya ingin memberitahukan kepada anda sebuah rahasia penting yang saya pelajari belum lama ini tapi saya terkejut bahwa kita bisa melakukan hal ini.

Dr Gaga Irawan Nugraha telah menemukan sebuah formula inovatif yang dapat membantu anda menurunkan berat badan berlebih untuk selamanya.

Duta dari formula ini adalah seorang tokoh populer Okky Lukman dia membuktikan bahwa ini akan dan tanpa efek samping negatif yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pergi ketakutan di bawah ini dan membaca dan memesan formula ini hanya anda yang melihat video saya dan himbauan saya buka tautan di bawah ini dan Klik tombol biru atau tombol baca lebih lanjut."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Saya telah mempelajari informasi ini di situs ini dan itu mengejutkan saya, berapa banyak orang yang akan terbantu oleh produk ini, hanya tujuh hari untuk menghilangkan kelebihan berat badan tanpa mengganggu dan tanpa efek samping, ikuti tautannya dan klik tombol info lebih lanjut."

Benarkah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan penemuan produk penurun berat badan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini...

 

3 dari 4 halaman

Obat Pelangsing Catut Nama Dokter dan Selebritis

Beredar di media sosial postingan yang menyebut dokter spesialis gizi klinik, Dr., dr.Gaga Irawan Nugraha, M.Gizi, Sp.GK mempromosikan obat pelangsing dengan testimoni dari penyanyi dan aktris Tika Panggabean. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 Juli 2023.

Berikut isi postingannya:

"Halo, saya ahli gizi dr. Gaga Irawan Nugraha, dan tujuan saya adalah untuk membantu Anda mendapatkan tubuh langsing dan menarik yang Anda impikan.Metodologi saya telah dicoba dan disetujui oleh banyak tokoh terkenal yang telah mencapai hasil yang mengesankan. Misalnya, Tika Panggabean, yang telah menjadi duta formula saya. Tidak peduli apakah Anda seorang wanita atau pria, berapa usia Anda atau berapa lama Anda mengalami kelebihan berat badan. 🔥 Ini bekerja untuk Anda, bahkan jika masalah Anda disebabkan oleh pekerjaan yang tidak banyak bergerak, kehamilan, diabetes atau masalah hormonal. - Mengaktifkan vitalitas Anda;- mempercepat metabolisme Anda;- membakar lemak;- mengurangi nafsu makan Anda; - meningkatkan energi Anda;🧬 Dengan formula baru ini Anda dapat mencapai hasil yang Anda inginkan dengan cepat dan aman.Klik "Selengkapnya" untuk penawaran khusus"

Lalu benarkah postingan yang menyebut dokter spesialis gizi klinik, dr Gaga Irawan mempromosikan obat pelangsing dengan testimoni dari penyanyi dan aktris Tika Panggabean? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini