Sukses

Penipuan Mencatut Perusahaan Kian Marak, Hindari dengan Jurus 3C dari Shopee

Liputan6.com, Jakarta- Aksi penipuan menggunakan beragam mudus, salah satunya adalah mencatut nama _marketplace_ Shopee. Kondisi ini harus diwaspadai dan dihindari agar tidak menjadi korban.

Beberapa modus penipuan yang belakangan marak terjadi adalah mengarahkan korban melakukan pengunduhan file APK, permintaan kode one time password (OTP) yang bisa menguras informasi danrekening korban, ajakan menyelesaikan misi untuk mendapatkan keuntungan, hingga iming-iming mendapatkan hadiah dan tawaran pekerjaan.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia dan Handhika Jahja memberikan tips 3C untuk mencegah terkena penipuan yang mengatasnamakan Shopee yang beredar di dunia maya termasuk WhatsApp, dalam keterangan tetulis yang dikutip, Jumat (19/5/2023).

Pihaknya berharap dengan 3 tips ini, pengguna tidak mudahterkecoh dengan penipuan yang beredar.

Tips 3C untuk menghindari penipuan dari Shopee tersebut adalah:

1. Cek Pengirimnya:

Semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang biru yang sudah terverifikasi termasuk pengumuman pemenang kompetisi yang hanya dilakukan di media sosial resmi Shopee terverifikasi.

2. Chat Customer Service Shopee:

Jika membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna bisa menggunakan fitur Live Chat dengan CS di aplikasi Shopee untuk mengecek kebenaran informasi yang diterima. CS Shopee melayani 24 jam selama 7 hari!

3. Cari Tau Modusnya:

Modus penipuan terus berubah sehingga pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram untuk informasi terbaru tentang penipuan berkedok Shopee agar selalu update dengan modus terbaru.

Tips 3C untuk mencegah agar pengguna tidak terkena penipuan yang mengatasnamakan Shopee

 

2 dari 2 halaman

Tetang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini