Sukses

Hoaks Janjikan Hadiah Catut Nama Selebriti Kerap Beredar, Jangan Mudah Tergiur

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang menjanjikan pembagian hadiah mencatut nama selebriti kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks menjanjikan hadiah yang mencatut nama selebriti? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Telkomsel dan Baim Wong Bagi-Bagi Mercedes Benz Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

ūüĎČ https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Aurel Hermansyah Bagikan Uang Tunai Hanya Dengan Tebak Huruf di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Hatta Halilintar ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat video Aurel Hermansyah dengan narasi "Tes mata tebak huruf selain O, jika benar mama aurel kirim hadiah tunai"

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 4500 komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Aurel Hermansyah membagikan uang tunai hanya dengan menebak huruf di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Amanda Manopo Bagikan Toyota Hilux Hanya Dengan Menemukan Gambar Gembok Terbuka di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada pembagian hadiah Toyota Hilux hanya dengan menemukan gambar gembok kunci terbuka di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar Toyota Hilux dengan gambar gembok kunci. Akun itu disertai narasi:

"Sampai saat ini, belum ada yang menemukan berapa banyak kunci terbuka, belum ada pemenang baru. Masih ada 1 lagi toyota hilux yg akan di menangkan"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian hadiah Toyota Hilux hanya dengan menemukan gambar gembok kunci terbuka di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini