Sukses

Simak Deretan Hoaks Seputar Tukul Arwana

Hoaks kerap menyerang atau mencatut nama selebriti tak terkecuali Tukul Arwana. Hoaks ini tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap menyerang atau mencatut nama selebriti tak terkecuali Tukul Arwana. Hoaks ini tersebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Tukul Arwana? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Kabar Ida Dayak Sembuhkan Tukul Arwana dan Diberi Hadiah Mobil Mewah

Kabar tentang Ida Dayak menyembuhkan artis Tukul Arwana dari penyakitnya dan diberikan hadiah mobil mewah beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 April 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "Berita Terbaru !! Sang Ayah Sembuh Ditangan Bu Ida Dayak, Putra Tukul Beri Mobil Mewah".

Video berdurasi 7 menit 49 detik itu berisi foto-foto kegiatan Ida Dayak yang tengah mengobati pasiennya. Dalam video itu, ada juga foto-foto Tukul Arwana.

"Ega Prayudi dibuat takjub ketika Ida Dayak mengobati sang ayah, karena tidak membutuhkan waktu lama. Tukul Arwana sudah bisa normal sedia kala. Tak heran jika banyak orang yang mencari kehebatan pengobatan gratis yang dilakukan Ida Dayak ini," demikian narasi dalam video tersebut.

Seperti diketahui, Tukul Arwana mengalami pendarahan otak pada September 2021 lalu. Hingga kini, Tukul belum terlihat tampil di layar kaca, sebab masih menjalani terapi dan pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Ida Dayak telah menyembuhkan Tukul Arwana dari penyakitnya dan diberi hadiah mobil mewah.

"Sang Ayah Sembuh Ditangan Ibu Ida Dayak, Putra Tukul Beri Mobil Mewah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 108 ribu kali direspons dan mendapat 8 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Ida Dayak menyembuhkan artis Tukul Arwana dari penyakitnya dan diberi hadiah mobil mewah? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Kabar Tukul Arwana Meninggal Dunia pada 6 Oktober 2021

Beredar informasi kabar artis Tukul Arwana meninggal dunia. Hal ini dibagikan oleh salah satu akun Facebook pada 6 Oktober 2021.

Akun tersebut mengunggah sebuah artikel berjudul "InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Kabar Duka datang dari Tukul Arwana, Dokter sudah Berusaha namun Tuhanlah yang Menentukan".

Artikel tersebut menampilkan foto suasana pemakaman jenazah di tempat makam umum (TPU). Foto tersebut dikaitkan dengan kabar meninggalnya Tukul Arwana.

Unggahan ini telah mendapatkan 34 komentar, 247 disukai, dan dibagikan 5 kali oleh warganet.

Benarkah kabar Tukul Arwana meninggal dunia? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Usai Vaksin Covid-19 Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak

Kabar tentang artis Tukul Arwana yang mengalami pendarahan otak usai divaksin Covid-19 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 September 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto Tukul Arwana yang tengah disuntik vaksin Covid-19 dan gambar pemberitaan Tukul dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan otak.

Akun Facebook tersebut kemudian mengaitkan penyebab pendarahan otak Tukul usai divaksin Covid-19.

"4 hari setelah vaksin , Tukul pendarahan otak .

Joint channel telegram:http://t.me/sahabatoposisi

#sahabatoposisi," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3 kali dibagikan dan mendapat 9 komentar warganet.

Benarkah Tukul Arwana mengalami pendarahan otak setelah divaksin Covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini