Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Arti Permainan Lato-Lato Aku Yahudi

Penelusuran klaim permainan lato-lato artinya aku Yahudi

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim permainan lato-lato artinya aku Yahudi. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Januari 2023.

Unggahan klaim permainan lato-lato artinya aku Yahudi tersebut berupa video tentang ulasan permainan lato-lato yang pernah populer dengan sebutan clankers. Selain itu juga terdapat logo segitiga yang di tengahnya terdapat mata.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Lato latto itu konspirasi remason dan iluminasi

Lato artinya AkuLatto artinya Yahudi..

Ternyata peermainan adu buah..(Bulan - Matahari)

LATO LATTO artinya Aku YAHUDI !!

Inilah era kebodohan dgn dalih LATAH Viral dikit² ngikut, segitu bodohnya tanpa tau perkara yg di ikuti Waspada!!!

Ini bukan sejengkal demi sejengkal.. Malah mangap...semua diikuti. 🔨"

Benarkah klaim permainan lato-lato artinya aku Yahudi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim permainan lato-lato artinya aku Yahudi, dalam artikel berjudul "Mengenal Lato-lato, Permainan Jadul yang Kembali Viral di Kalangan Anak-anak" yang dimuat Liputan6.com, pada 30 Desember 2022 menyebutkan, permainan lato-lato terinspirasi dari sebuah senjata asal Argentina bernama bolas. Senjata tersebut digunakan oleh para Koboi Argentina untuk menangkap hewan guanaco. Lato-lato mengadaptasi bentuk bolas.

Lato-lato salah satu permainan tradisional asal Amerika Serikat yang sudah ada sejak tahun 1960an yang memiliki banyak nama, diantaranya clackers, click-clacks, knockers, dan masih banyak lagi

Lato-lato juga dikenal dengan nama nok-nok dalam bahasa Sunda, sedangkan dalam bahasa jawa permainan ini disebut dengan tok-tok. Penamaan dalam bahasa Sunda dan Jawa memang diambil dari suara yang ditimbulkan permainan ini.

Artikel berjudul "Bahasa Makassar Latto-latto Viral Akibat Permainan Clakers Ball, Ini Artinya" yang dimuat situs detik.com menyebutkan, Kata "latto" merupakan bahasa Makassar yang berarti bunyi yang dikeluarkan dari dua benda yang berbenturan. Kata ini kemudian digunakan oleh masyarakat Makassar untuk menamai permainan clakers ball yang kembali booming di Makassar.

Dosen Sastra Daerah Bugis-Makassar dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr. Firman Saleh menjelaskan orang Makassar menyebutnya latto-latto, karena permainan tersebut menimbulkan suara ketukan.

"Latto itu bunyi yang dikeluarkan akibat 2 benturan benda sehingga mengeluarkan bunyi," jelasnya.

Sementara pengulangan kata lato-lato menggambarkan bunyi yang berulang dari permainan tersebut.

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Google Translate, tidak ditemukan arti kata lato lato atau lato latto aku Yahudi.

 

 

Sumber:

https://www.detik.com/sulsel/budaya/d-6496442/bahasa-makassar-latto-latto-viral-akibat-permainan-clakers-ball-ini-artinya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim permainan lato-lato artinya aku Yahudi tidak benar.

"Latto" merupakan bahasa Makassar yang berarti bunyi yang dikeluarkan dari dua benda yang berbenturan. Kata ini kemudian digunakan oleh masyarakat Makassar untuk menamai permainan clakers ball yang kembali booming di Makassar.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.