Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Celine Dion Meninggal Dunia pada 12 Desember 2022

Beredar kabar hoaks penyanyi Celine Dion meninggal dunia pada 12 Desember 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penyanyi Celine Dion meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar dari video YouTube berjudul "5 Minutes Ago/Celine Dion Died Last Night At Her Home/RIP Celine Dion".

"Berita duka baru diterima Messenger artis penyanyi terkenal Hollywood telah. Meninggal dunia CELINE dion. ...," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 14 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar dari warganet.

Benarkah kabar penyanyi Celine Dion meninggal dunia pada 12 Desember 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar penyanyi Celine Dion meninggal dunia pada 12 Desember 2022. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "celine dion died" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada informasi valid mengenai kabar tersebut. Sejumlah situs media arus utama, baik di dalam dan luar negeri hingga berita ini ditulis, tidak ada yang memberitakan tentang kabar meninggalnya Celine Dion.

Penelusuran juga dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Celine Dion, @celinedion. Akun Instagram @celinedion terakhir kali memposting konten pada 8 Desember 2022.

"Seperti yang kalian tahu, aku adalah orang yang sangat terbuka. Dan sebelumnya aku belum siap mengabarkan hal ini, tapi aku sekarang aku sudah siap. Aku selama ini menghadapi masalah dengan kesehatanku dalam waktu yang sudah lama. Dan sangat sulit bagiku menghadapi tantangan ini, dan membicarakan apa yang terjadi kepadaku," kata Celine Dion dalam video tersebut.

Referensi:

https://www.instagram.com/p/Cl5xJY1AjAO/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang penyanyi Celine Dion meninggal dunia pada 12 Desember 2022 ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.