Sukses

Kemenkominfo Dorong Potensi Tata Kelola Daerah melalui Digitalisasi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Sahabatguru dan Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyelenggarakan kerjasama melalui webinar literasi digital dengan topik utama, “Tata Kelola Pemerintahan Desa dalam Mendukung Potensi Desa Berbasis Digital”, Kamis (22/09/2022). 

“Dasar pelaksanaan program ini adalah untuk meningkatkan kemakmuran kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sebagai dukungan kepada organisasi perangkat desa menuju optimalisasi pemberdayaan daerah,” ujar Sokhiatulo Laoli, Dewan Pembina Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). 

Pemanfaatan teknologi yang pesat perlu dibarengi dengan upaya untuk memajukan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Melalui sumber daya manusia yang profesional berbasis digital teknologi, Kab. Berau memiliki komitmen yang kuat melalui penyediaan ruang partisipasi, penguatan kualitas partisipasi, dan skenario ideal sebagai pembangunan kampung. 

“Perencanaan dan kebijakan pembangunan kampung merupakan implementasi dengan menerapkan sistem informasi kampung yang bukan hanya sebagai wujud kedaulatan kampung, tetapi juga memungkinkan proses pelayanan publik menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien,” ucap Maulidiyah, Asisten Administrasi Umum Kab. Berau.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Potensi Sumber Daya Alam

Dengan partisipasi warga setempat, potensi sumber daya alam yang dapat diunggulkan akan menjadi daya tarik wisata untuk merancang strategi pengembangan desa.

“Partisipasi masyarakat adalah pelaku penting dalam pembangunan wisata serta untuk menentukan kualitas pertumbuhan wisata penduduk di daerah,” jelas Wendiansyah, Ketua Program Desa Berprestasi Bidang Wisata. 

Adapun untuk mempromosikannya, dibutuhkan strategi marketing yang tepat melalui pemanfaatan media digital untuk memasarkan potensi desa secara efektif dan praktis.

“Promosi merupakan komunikasi pemasaran yang mempresentasikan suara desa serta merupakan sarana di mana desa dapat membuat hubungan dengan konsumen,” kata Rismi Juliadi, Dosen Universitas Multimedia Nusantara.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.