Sukses

Sinergi Liputan6.com dan Liputan6 SCTV Raih Spread the Facts Grant Program dari IFCN

Liputan6.com menjadi salah satu peraih Spread the Facts Grant Program yang digelar IFCN yang bekerjasama dengan WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Liputan6.com menjadi salah satu peraih Spread the Facts Grant Program yang digelar International Fact-Checking Network (IFCN) yang bekerja sama dengan WhatsApp. Total ada 11 penerima dari delapan negara di dunia. 

Liputan6.com menawarkan program bernama Fact-6ers Synergy. Fact-6ers Synergy adalah kolaborasi antara Liputan6.com, pegiat cek fakta atau WhatsApp Hoax-Buster, dan tim redaksi Liputan6 SCTV untuk memerangi hoaks dengan menyebarkan fakta dan memberikan literasi digital pada komunitas yang lebih luas di seluruh Indonesia.

Salah satu tujuan program ini adalah berupaya melindungi masyarakat agar tidak menjadi korban misinformasi dan ujaran kebencian, khususnya menjelang Pemilu 2024 mendatang. 

"Liputan6.com, salah satu anggota IFCN, adalah platform jurnalistik yang kuat dalam melawan misinformasi dengan berbagai cara," demikian dikutip dari keterangan IFCN, Kamis 15 September 2022.  

Ini adalah grant ketiga yang diterima Liputan6.com dari IFCN. 

Pada tahun 2020, Liputan6.com meraih Coronavirus Fact-Checking Grant dari International Fact-Checking Network (IFCN) dan Facebook. Sementara pada tahun 2021, Liputan6.com menjadi salah satu peraih Vaccine Grant Program yang digelar oleh Jaringan Pemeriksa Fakta Internasional atau International Fact-Checking Network (IFCN) dan WhatsApp.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

11 Pemenang dari 8 Negara

Program ini diberikan IFCN pada organisasi Cek Fakta yang terverifikasi untuk membantu mengidentifikasi, menandai, dan mengurangi penyebaran misinformasi yang mengancam lebih dari 100 miliar pesan yang beredar di WhatsApp setiap harinya.

Hibah ini akan mendukung 11 proyek dari delapan negara yakni India, Spanyol, Nigeria, Georgia, Italia, Bolivia, Yordania, dan Indonesia yang diwakili Liputan6.com.

"Lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia mengandalkan WhatsApp untuk terhubung dengan teman dan keluarga, tetap mengikuti perkembangan acara dunia, dan berbagi informasi," kata Ferdi Ozsoy, Manajer Program IFCN.

"Dengan dukungan dari WhatsApp, program hibah Spread the Facts akan memberikan sumber daya kepada sejumlah organisasi pemeriksa fakta yang menandatangani kode prinsip IFCN untuk mengurangi bahaya misinformasi yang viral dan meningkatkan kualitas informasi yang diterima publik," katanya menambahkan.

Para penerima hibah dipilih oleh enam orang anggota komite yang terdiri dari ahli dan pendidik di bidang jurnalistik, komunikasi massa, dan studi media dari seluruh dunia.

"Kami sangat antusias untuk memperdalam kemitraan kami dengan IFCN dan terus berinvestasi dalam pertumbuhan ekosistem cek fakta untuk mempercepat dampak positif di seluruh dunia," kata Orlando Watson dari WhatsApp Partnerships.

"Kami berterima kasih kepada semua organisasi yang berpartisipasi, yang membagikan ide tentang cara meningkatkan ekosistem informasi di WhatsApp. Para penerima hibah berhasil memukau komite karena pendekatan inovatif mereka ," kata Karishma Shah dari Integrity Partnerships.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.