Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Demo Ini Tolak Kenaikan Harga BBM 6 September 2022

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video demo menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 September 2022.

Klaim video demo menolak kenaikan harga BBM pada 6 September 2022 menampilkan kerumunan orang dengan mengenakan atribut berbagai warna dan kendaraan yang sedang menyemprotkan air ke arah kerumunan tersebut.

Pada video terdapat logo Kompas TV di pojok kanan atas dan terdapat keterangan lokasi Gedung DPR Jakarta di pojok kiri atas.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"BREAKING NEWS

KONDISI TERKINI DEPAN GEDUNG DPR-RI

MASSA MENOLAK KENAIKAN BBM UURRAA ✊✊

https://t.me/senopatikelud/6268

#menembusbatas"

Benarkah klaim video demo menolak kenaikan harga BBM pada 6 September 2022? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video demo menolak kenaikan harga BBM pada 6 September 2022, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Tangkapan layar Google Image penelusuran klaim video demo menolak kenaikan harga BBM pada 6 September 2022</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Cek Fakta: Ini Bukan Video Unjuk Rasa Menolak Omnibus Law Cipta Kerja di Depan Gedung DPR" yang dimuat situs liputan6.com, artikel tersebut merupakan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pada video yang identik dengan klaim unjuk ras menolak Omnibus Law Cipta Kerja.

<p>Tangkapan layar penelusuran klaim video demo menolak kenaikan harga BBM pada 6 September 2022</p>

Dari penelusuran tersebut, terungkap fakta dari  Channel YouTube KOMPASTV pada 24 September 2019 lalu. Video itu berjudul "TERKINI - Memanas, Polisi Lepaskan Water Canon ke Demonstran di Depan Gedung DPR RI".

"Kepolisian mulai memukul mundur demonstran di depan Gedung DPR RI menggunakan water canon untuk memecah konsentrasi massa di depan Gedung DPR RI. Pihak kepolisian pun telah menyiagakan pasukan di area dalam gedung DPR RI. Demonstran melempari pihak pengamanan dengan berbagai benda.

#DemoMahasiswa #DPRRI #RevisiKUHP," tulis Channel YouTube KOMPASTV.

 

Sumber

https://www.youtube.com/watch?v=6AMzrK-sGsY

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim video demo menolak kenaikan harga BBM pada 6 September 2022 tidak benar.

Video demonstrasi di depan Gedung DPR MPR tersebut menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK pada September 2019 lalu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS