Sukses

Hoaks Pembagian Hadiah Uang Jadi Modus Penipuan, Simak Daftarnya

Liputan6.com , Jakarta- Informasi pembagian uang kerap tersebar di media sosial dan aplikasi percakapan dengan cara yang beragam, kabar tersebut tentu menggiurkan sebab hadiah yang diberikan nilainya fantastis.

Sebaiknya kita tidak langsung tergiur ketika mendapat informasi seputar pembagian uang, sebelum memastikan informasi tersebut hoaks atau benar. Pasalnya, kerap dimanfaatkan oknum sebagai modus penipuan.

Untuk memudahkan masyarakat membedakan informasi hoaks atau benar, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi seputar pembagian uang hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pembagian uang.

Alfamart Bagikan Uang Jutaan Rupiah Dalam Rangka Ulang Tahun ke-22

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Alfamart membagikan uang jutaan rupiah dalam rangka ulang tahun ke-22. Postingan ini beredar sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 19 Agustus 2022.

Berikut isi postingannya:

"Pilih bulan lahir Anda dan Anda akan menerima hadiah berdasarkan bulan lahir Anda.

Lakukan dengan iman.

Januari ________ Rp 2.000.000

Februari_______ Rp 3.000.000

Maret ________ Rp 1.000.000

April __________ Rp 3.000.000

Mei _________ Rp 2.000.000

Juni _________ Rp 1.000.000

Juli__________ Rp 3.000.000

Agustus _______ Rp 3.000.000

September ___ Rp 2.000.000

Oktober _______ Rp 2.000.000

November ____ Rp 3.000.000

Desember _____ Rp 1.000.000

SUPRESAS BESAR Rp 13.000.000 untuk 1 pemenang

💰💰langkah terakhir untuk mendapatkan hadiah daftar di tautan resmi kami >>> https://bit.ly/3AyaQFTSemoga hadiah ini bermanfaat.Terima kasih. JANGAN LUPA SHARE POSTINGAN INI!!!"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Alfamart membagikan uang jutaan rupiah dalam rangka ulang tahun ke-22? Simak hasil penelusurannya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hoaks Pembagian Uang dari Alfamart dan Indomaret

Alfamart dan Alfamidi Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 14 Agustus 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Djoko Susanto CEO Alfamart & Alfamidi, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

????????????

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar dari warganet.

Benarkah Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

Indomaret Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta Rayakan HUT Kemerdekaan

Kabar tentang Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan oleh akun Facebook yang mencatut nama Indomaret, yakni Indomaret FANS.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Indomaret membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Antoni Salim CEO indomaret, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" ! Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

🎁🥳👇👇👇👇

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis akun Facebook Indomaret FANS.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali dibagikan dan mendapat 1.400 komentar dari warganet.

Benarkah Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta? Simak penelusurannya di sini.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Gudang Garam Bagikan Subsidi Kesehatan Rp 4 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Gudang Garam bagikan subsidi kesehatan dari pemerintah sebesar Rp 4 juta. Informasi tersebut beredar lewat WhatsApp.

Klaim Gudang Garam bagikan subsidi kesehatan dari pemerintah sebesar Rp 4 juta berupa tautan sebagai berikut.

 

<p>Klaim Gudang Garam bagikan subsidi kesehatan dari pemerintah sebesar Rp 4 juta.</p>

 

Jika tautan tersebut diklik maka akan memasuki halaman yang berisi tulisan sebagai berikut.

"🎉Gudang Garam National government health subsidy fund!🎊

18 August, 2022

Congratulations!

Gudang Garam National government health subsidy fund!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 4000000 Rupiah ."

Benarkah klaim Gudang Garam bagikan subsidi kesehatan dari pemerintah sebesar Rp 4 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS