Sukses

Waspada Hoaks Modus Penipuan, dari Pembagian Uang sampai Mobil Mewah

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pembagian uang dan barang berharga.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks pembagian uang hingga barang berharga kerap beredar di media sosial dan aplikasi percakapan, hal ini harus diwaspadai sebab menjadi modus penipuan.

Untuk memudahkan masyarakat memberdakan informasi benar dan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian uang hingga barang berharga.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pembagian uang dan barang berharga.

Pengisian Kuesioner Dapat Subsidi Energi dari Pertamina Rp 3 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pengisian  kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta, Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi pengisian kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta, berupa tautan "http://vocationalpeople.top/pertaminaid-yh/tb.php?io=rw1660099315324"

Jika tautan tersebut di klik maka akan masuk dalam halaman situs yang berisi tulusu sebagai berikut.

"🎉Pertamina Government energy subsidies!🎊      10 August, 2022

Congratulations!

Pertamina Government energy subsidies!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Benarkah pengisian kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telkomsel dan Baim Wong Bagi-Bagi Mercedes Benz Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

👉 https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Toyota Indonesia Bagikan Dua Mobil Alphard Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77

Toyota Indonesia Bagikan Dua Mobil Alphard Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77

Beredar di media sosial pesan berantai yang menyebut Toyota Indonesia sedang membagikan dua mobil Alphard dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Agustus 2022.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, kami akan memberikan secara acak kepada 2 orang di facebook mobil toyota Alphard terbaru 2022,Yang berhasil mengetik (MERDEKA) .silahkan kunjungi 👉 https://sites.google.com/view/berbagi- mobil2022/halaman-muka untuk validasi entri anda! Sebelum tanggal 17 agustus."

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Toyota Indonesia sedang membagikan dua mobil Alphard dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.