Sukses

Video Hoaks Sepekan: UFO Muncul di Tanah Abang hingga Awan Jatuh di Kampar Riau

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Satu di antaranya video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 26 Juli 2022.

Video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan sejumlah warga memenuhi sebuah jalanan. Tak hanya warga, ada juga petugas kepolisian berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Seketika, muncul benda mirip UFO di atas langit. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar UFO muncul di Tanah Abang.

"UFO sudah satu jam lebih berada diatas daerah Tanah Abang," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 396 ribu kali ditonton dan mendapat 845 komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, video yang diklaim UFO muncul di Tanah Abang ternyata tidak benar alias hoaks. Video tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

Selain kemunculan UFO di Tanah Abang, terdapat video hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Video Manusia Tertua di Dunia asal Vietnam

Sebuah video yang diklaim manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 Juli 2022.

Dalam video tersebut tampak seorang pria tua tengah terbaring di ranjang. Dia mengenakan selimut berwarna oranye.

Kakek dalam video tersebut diklaim sebagai manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam. Bahkan, Luen Wang Shin disebut telah berusia 399 tahun.

"Namanya Luen Wang Shin. Manusia tertua didunia asal Vietnam yang pernah hidup sampai usia 399 tahun," demikian narasi dalam video tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 941 kali dibagikan dan mendapat 382 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam dan berusia 399 tahun ternyata tidak benar.

Faktanya, pria tua dalam video merupakan biksu asal Thailand bernama Luang Pho Yai, atau Luang Ta. Ia kini berusia 109 tahun.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Awan Jatuh di Kampar Riau

Sebuah video yang diklaim awan jatuh di Kampar, Riau beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 Juli 2022.

Video berdurasi 1 menit 3 detik itu memperlihatkan gumpalan berwarna putih menutupi sebuah jalanan. Gumpalan itu diklaim sebagai awan yang jatuh dari langit.

"AWAN JATUH DI KAMPAR RIAU," demikian narasi dalam video tersebut.

"Sesuai dengan keterangan Awan jatuh di Kampar daerah Riau. Benar atau tidak," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 860 kali ditonton dan mendapat 3 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim awan jatuh di Kampar, Riau ternyata tidak benar. Faktanya, benda berbentuk gumpalan berwarna putih merupakan busa yang berasal dari pabrik di sekitar wilayah tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.