Sukses

Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Pedagang Tidak Perlu Kenal Puan

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?". Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Mei 2022.

Akun itu menyertakan artikel dari Gelora News berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?".

Akun itu menambahkan narasi: "Pentingkah???"

Lalu benarkah postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan kata kunci "Puan belanja di pasar Gelora News" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada artikel asli dari laman gelora.co berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar, Pedagang: Siapa Namanya, Nggak Tahu..."

<p>Cek Fakta pedagang bicara tak mau kenal Puan.</p>

Artikel ini juga identik dengan postingan yakni bertanggal 28 April 2022. Berikut isi artikelnya:

"GELORA.CO - Ketua DPR RI Puan Maharani datang ke Pasar Jungke, Kelurahan Jungke Kecamatan/Kabupaten Karanganyar, Rabu (27/4/2022).

Puan Maharani menyempatkan membeli bahan makanan dan membagikan kaos kepada pedagang Pasar Jungke.

Berdasarkan pantauan TribunSolo.com, Ketua DPR RI Puan Maharani tiba di Pasar Jungke, pukul 09.45 WIB.

Nampak ia duduk di dalam mobil dinasnnya bagian tengah. Terlihat, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga berada satu mobil dengannya.

Setelah itu, mereka turun dan langsung memasuki pasar. Kemudian mereka menuju ke kios sembako milik pedagang Pasar Jungke.

Terlihat Puan tengah berbincang dengan pedagang tersebut. Setelah itu, Puan dan Gibran berjalan menuju kios sembako di sebelahnya.

Di sana, ia kembali berbincang dengan pedagang lainnya. Lanjut, Puan dan Gibran kembali melakukan perjalanan ke kios daging.

Nampak ia juga berbincang dengan pedagang itu. Kali ini, ia membeli sejumlah barang di kios daging itu.

Terlihat ia membeli, 5 kilogram daging sapi, 2 kilogram Bakso sapi, dan 2 kilogram bakso ayam.

Kemudian, Puan membagikan kaos hitam bertuliskan "PUAN MAHARANI" kepada pedagang.

Setelah itu, ia berjalan keluar pasar, tepatnya ke parkir samping pasar.

Kemudian ia bersama Gibran masuk mobil dinasnya. Sebelum pergi, ia membagikan kembali kaos tersebut kepada masyarakat sekitar.

Tumiyatun pedagang sapi di Pasar Jungke Karanganyar mengatakan, Puan Maharani membeli daging sapi dagangannya seberat 5 kilogram.

"Tadi Bu Dewan, siapa namanya nggak tahu. Belanja daging 5 kilo, per kilogram Rp 135 ribu, bayarnya Rp 800 ribu," kata kata Tumiyatun, Rabu (27/4/2022), dilansir detikcom.

Total belanja Puan untuk 5 Kg daging sapi seharusnya Rp 675 ribu, namun dia memberikan lebih Rp 800 ribu.

Sementara itu, pedagang Bakso bernama Sri Rejeki mengatakan Puan Maharani memberikan uang lebih untuknya.

Meskipun begitu, ia mengaku tak mengetahui bahwa perempuan yang membeli baksonya itu Puan Maharani.

"Tadi beli bakso sapi 2 kg, bakso ayam 2 kg, per kilo Rp 40 ribu. Dikasih Rp 300 ribu, mau saya kembalikan sisanya tidak boleh," ujar dia.

Padahal harga untuk total 4 kg bakso ayam dan sapi tersebut hanya Rp 160 Ribu. "

Sumber:

https://www.gelora.co/2022/04/puan-belanja-daging-sapi-di-pasar.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" adalah hoaks. Faktanya judul dalam artikel tersebut telah diedit.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS