Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Diklaim Gubernur DKI Jakarta Sedang Dengarkan Keluhan Warganya Yang Terlilit Utang

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 19 Juni 2022.

Dalam unggahannya terdapat foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Presiden Jokowi. Foto itu disertai narasi:

"Anies sebagai Gubernur Jakarta dengan sabar mendengarkan keluhan warganya yang tengah terlilit utang..."

Lalu benarkah postingan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan mesin pencarian Yandex. Di sana ditemukan bahwa foto serupa digunakan oleh Manado Post dalam beberapa artikel seperti "Anies Baswedan Ternyata Mau Ketemu Jokowi Bahas Formula E, tapi Begini Sentilan Istana" yang tayang 25 November 2021 dan "Ngabalin, Ruhut, Refly Harun Panas! Saling Sindir, Nama Jokowi dan Anies Terseret Gara-gara Ini" yang tayang 7 Mei 2022.

<p>Cek Fakta Gubernur DKI Anies Baswedan mendengarkan curhat warga.</p>

Pencarian dilanjutkan dengan mengetik kata kunci "Anies Baswedan, Jokowi, Wisma Atlet" di mesin pencarian Google Images. Hasilnya ada beberapa foto yang identik dengan postingan.

Salah satunya di Liputan6.com yang berjudul "FOTO: Didampingi Anies Baswedan, Jokowi Tinjau Wisma Atlet" yang tayang pada 26 Februari 2018.

Selain itu ada artikel dari Detik.com berjudul "Didampingi Anies, Jokowi Cek Persiapan Asian Games di Wisma Atlet" pada 26 Februari 2018.

Berikut isi artikelnya:

"Jakarta - Presiden Jokowi meninjau Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang akan digunakan para atlet untuk Asian Games 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mendampingi Jokowi.

Jokowi tiba di lokasi, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018) pukul 15.55 WIB. Selain Anies, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Inasgoc Eric Thohir mendampingi Jokowi. Jokowi dan Anies juga sempat berbincang akrab.

Mereka meninjau tower 3 wisma sekitar 20 menit. Jokowi mengatakan persiapan di Wisma Atlet untuk menyambut Asian Games sudah hampir rampung.

"Kalau saya melihat di sini, Wisma Atlet sudah 99,9 persen. Alhamdulillah. Tinggal dikit-dikitlah," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi masih meninjau tempat lain di Wisma Atlet, seperti jalan setapak dan taman. Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan lokasi setelah meninjau Wisma Atlet.

Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran dilakukan sejak Maret 2016. Wisma tersebut terdiri dari 10 tower, dengan jumlah unit 7.424.

Wisma ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. Tempat ini akan digunakan sebagai kampung atlet pada Asian Games 2018."

Sumber:

https://www.liputan6.com/photo/read/3323809/foto-didampingi-anies-baswedan-jokowi-tinjau-wisma-altet?page=7

https://news.detik.com/berita/d-3886818/didampingi-anies-jokowi-cek-persiapan-asian-games-di-wisma-atlet

https://www.republika.co.id/berita/p4rg6k330/temani-jokowi-ini-yang-dibahas-anies-di-wisma-atlet

https://manadopost.jawapos.com/nasional/25/11/2021/anies-baswedan-ternyata-mau-ketemu-jokowi-bahas-formula-e-tapi-begini-sentilan-istana/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warganya yang terlilit utang adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut diambil saat Anies Baswedan bertemu Presiden Jokowi saat meninjau Wisma Atlet pada 26 Februari 2018.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS