Sukses

Jadi Modus Penipuan, Masyarakat Diimbau Tak Sebar Informasi Palsu Lowongan Kerja PT KAI

Liputan6.com, Jakarta- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimbau masyarakat untuk tidak ikut menyebar informasi palsu lowongan kerja atas nama atas nama PT KAI. Belakangan kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan ciri informasi lowongan kerja palsu, yaitu pemberi pesan menjanjikan membantu peserta rekrutmen PT KAI untuk bisa lolos dalam rekrutmen. Namun untuk kelolosan tersebut ada embel-embel harus mengirim uang dengan jumlah tertentu.

Modus lainnya yaitu berupa surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta untuk menggunakan agen perjalanan tertentu.

"Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen. Dimohon mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrutmen," kata Joni, dikutip di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Informasi palsu lowongan kerja atas nama atas nama PT KAI terindikasi penipuan, sebab itu masyarakat diminta untuk tidak menyebar informasi tersebut.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak meneruskan atau menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen KAI yang terindikasi palsu untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu tersebut,” ujarnya.

Menurut Joni, KAI tidak pernah melakukan proses rekrutmen melalui surat menyurat, baik mengirimkan berkas yang dititipkan melalui seseorang ataupun melalui email. Di samping itu, KAI tidak memungut biaya apapun dari pelamar serta tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan dalam proses seleksi pekerja.

Joni menambahkan, semua informasi rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan website resmi dengan alamat recruitment.kai.id atau media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121_. Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut, agar masyarakat dapat mengabaikannya.

Jika menemukan informasi yang meragukan agar segera menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121 untuk mendapatkan informasi resmi tentang perusahaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hoaks Lowongan Kerja KAI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi lowongan kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan batas pendaftaran 30 Mei 2022. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhastApp.

Berikut informasi lowongan kerja PT KAI dengan batas pendaftaran 30 Mei 2022.

"Dibuka Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero), dengan Posis sbb :

1.Masinis

2.Kondektur

3.Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)

4.Petugas Langsir (PLR)/Petugas Rumah Sinyal (PRS)

5.Petugas Negative Check Listrik Aliran Atas (PNC LAA)

6.Petugas Negative Check Sintelis (PNC SINTELIS)

7.Operator KPJR

8.Teknisi Workshop Depo Mekanik JJ

9.Satker Teknisi Jalan Rel dan Jembatan

10.Administrasi

11.Staff Pelayanan

12.Pramugari/Pramugara Kereta

13.Teknisi Pemeliharaan Sarana

=> Kriteria Pelamar

1.Warga Negara Indonesia (WNI)

2.Jenis Kelamin Pria/Wanita usia max.35thn

3.Sehat jasmani/rohani

4.Memiliki ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol) Ijazah D3,S1 (ipk 2.5)

=> Kelengkapan Dokumen

1.Surat Lamaran & CV

2.Fotokopy KTP & pass foto 3x4 (warna)

3.Ijazah Terakhir

*Penempatan sesuai permintaan/domisili pelamar*

Silahkan kirimkan lamaran ke E-Mail recruitmentptkai@dr.com(SUBJECT : NAMA LENGKAP/NO.HP AKTIF/E-MAIL)

Batas lamaran sampai 30 Mei 2022

Mohon bantu share 🙏🙏Indahnya Berbagi 🥰🥰."

Benarkah lowongan kerja PT KAI dengan batas pendaftaran 30 Mei 2022? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.