Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Artikel Ini Memuat Informasi 21 Orang Tewas Kecelakaan Bus saat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi 21 orang tewas dalam kecelakaan bus saat mudik lebaran. Informasi tersebut diungga salah satu akun Facebook, pada 21 April 2022.

Informasi 21 orang tewas dalam kecelakaan bus saat mudik lebaran berupaĀ tulisan sebagai berikut.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi RojiunšŸ˜­šŸ˜­ Niat Ingin Mudik Lebaran.. Tepat Hari Ini 21 Orang T3was Dalam K3celakaan Bus Pariwisata 7 Diantaranya Anak-Anak, Mohon Bagi Yang Mengenali Identitas Korban Untuk Hubungi Pihak RS Ke Kontak Yang Tertera"

KemudianĀ disertai dengan tautan artikel dengan judulĀ sebagai berikut.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi RojiunšŸ˜­šŸ˜­ Niat Ingin Mudik Lebaran.. Tepat Hari Ini 21 Orang T3was Dalam K3celakaan Bus Pariwisata 7 Diantaranya Anak-Anak, Mohon Bagi Yang Mengenali Identitas Korban Untuk Hubungi Pihak RS Ke Kontak Yang Tertera."

Benarkah informasi 21 orang tewas dalam kecelakaan bus saat mudik lebaran? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Ā 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuriĀ informasi 21 orang tewas dalam kecelakaan bus saat mudik lebaran, dengan mengunjungi halaman tautan artikel yang disertakan dalam informais tersebut.

Berikut isinya

"Sedikitnya 21 orang tewas dalam tabrakan maut bus dan truk di Guatemala, Sabtu 21 Desember.Ā Kecelakaan terjadi di dekat kota Gualan di Zacapa, sekitar 168 kilometer dari ibu kota Guatemala City.Dari 21 korban tewas, tujuh gdi adalah anak-anak.Ā Menurut Kementerian Publik Guatemala, kecelakaan fatal ini juga melukai sedikitnya 11 orang.Ā Dilansir dari CNN, otoritas Guatemala belum mengumumkan penyebab pasti kecelakaan.Ā Sopir bus dan truk telah ditahan dan dikirim ke pusat detensi.

Tim penyidik ā€‹ā€‹masih berusaha mengidentifikasi beberapa korban.Ā Foto dan video dari CNN sebuah bus terguling di pinggir jalan, sementara warga setempat berdiri di sekelilingnya.

Laporan awal truk trailer itu melaju terlalu cepat dan bertabrakan dengan bus di sebuah tikungan.

Laporan awal truk trailer itu melaju terlalu cepat dan bertabrakan dengan bus di sebuah tikungan.Puing-puing bus dan truk terlihat berserakan di pinggir jalan.Agensi Bencana Nasional Guatemala mengatakan bus yang bertabrakan itu tengah melaju dari kawasan Peten menuju ibu kota.Presiden terpilih Guatemala Alejandro Guammattei, mengungkapkan rasa duka atas korban kecelakaan melalui Twitter."

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi 21 orang tewas dalam kecelakaan bus saat mudik lebaran tidak benar.

Dalam artikel yang dicantumkan pada informasi tersebut tidak ada kalimat yang menyebutkanĀ 21 orang tewas dalam kecelakaan bus saat mudik lebaran.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.