Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pembagian Uang Rp 3 Juta dalam Rangka Ulang Tahun BRI ke-130

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130 dibagikan berupa tautan berikut.

"http://frustratesacred.top/bbbrisyws/tb.php?klxcctrz1649561853462"

Jika di klik tautan tersebut mengarah pada halaman situs internet yang terdapat tulisan sebagai berikut.

"Congratulations!Bank Rakyat Indonesia 130th Anniversary!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI

Benarkah informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130, sebelumnya penelusuran seruoa telah dilakukan namun terdapat perbedaan besaran nominal, dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai BRI Bagikan Rp 5 Juta Rayakan Ultah ke-120" yang dimuat situs liputan6.com, BRI memberikan pernyataan resmi di Twitter, @kontakBRI yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat cuitan yang diunggah pada 27 September 2021.

Berikut pernyataan tersebut:

"Sobat BRI. Waspada Website palsu hadiah ulang tahun BRI. Pastikan selalu mengakses Website resmi BRI https://bri.co.id dan tetap menjaga kerahasiaan data pribadi."

Selain itu postingan tersebut juga disertai gambar dengan narasi sebagai berikut:

"Waspada penipuan website palsu hadiah ulang tahun BRI. Perhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari modus penipuan:

1. Jangan mudah percaya atas hadiah atau undian yang mengatasnamakan BRI.

2. Jangan memberikan data-data pribadi.

3. Pastikan selalu kebenaran informasi dengan menghubungi contact BRI.

Selain itu dalam website resmi BRI, bri.co.id juga dijelaskan bahwa usia Bank BRI mencapai 126 tahun pada 16 Desember 2021. Hal ini berbeda dengan narasi pesan berantai yang menyebut usia Bank BRI baru berusia 130 tahun.

Pesan berantai serupa juga pernah beredar dan dibantah oleh Corporate Secretary Bank BRI, Aestika Oryza Gunarto beberapa waktu lalu.

"Atas beredarnya informasi tersebut, dapat kami pastikan bahwa hal tersebut tidak benar. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengimbau nasabah BRI dan masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap berbagai informasi dengan sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan," kata Aestika.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi pembagian uang Rp 3 juta dalam rangka ulang tahun BRI ke-130 tidak benar.

Tautan yang dibagikan mengarah pada website palsu hadiah ulang tahun BRI. Sedangkan website resmi BRI adalah https://bri.co.id.

Usia Bank BRI mencapai 126 tahun pada 16 Desember 2021. Hal ini berbeda dengan narasi pesan berantai yang menyebut usia Bank BRI baru berusia 130 tahun.