Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai BRI Bagikan Rp 5 Juta Rayakan Ultah ke-120

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim Bank BRI membagikan uang sebesar Rp 5 juta karena sedang merayakan ulang tahun ke-120

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim Bank BRI membagikan uang sebesar Rp 5 juta karena sedang merayakan ulang tahun ke-120. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Dalam pesan berantai yang beredar juga disertai dengan link menuju website tertentu. Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"Ulang Tahun Bank Rakyat Indonesia ke 120!

Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan Rp5000.000👇https://jvipfq.xyz/i/brid/?g=1

tenggat waktu:2021-11-3"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim Bank BRI membagikan uang sebesar Rp 5 juta karena sedang merayakan ulang tahun ke-120?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan mengunjungi akun resmi Bank BRI di Twitter, @kontakBRI yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat cuitan yang diunggah pada 27 September 2021.

"Sobat BRI. Waspada Website palsu hadiah ulang tahun BRI. Pastikan selalu mengakses Website resmi BRI https://bri.co.id dan tetap menjaga kerahasiaan data pribadi."

Selain itu postingan tersebut juga disertai gambar dengan narasi sebagai berikut:

"Waspada penipuan website palsu hadiah ulang tahun BRI. Perhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari modus penipuan:

1. Jangan mudah percaya atas hadiah atau undian yang mengatasnamakan BRI.

2. Jangan memberikan data-data pribadi.

3. Pastikan selalu kebenaran informasi dengan menghubungi contact BRI.

Selain itu dalam website resmi BRI, BRI.co.id juga dijelaskan bahwa usia Bank BRI saat ini hampir mencapai 126 tahun tepatnya pada 16 Desember mendatang. Hal ini berbeda dengan narasi pesan berantai yang menyebut usia Bank BRI baru berusia 120 tahun.

Pesan berantai serupa juga pernah beredar dan dibantah oleh Corporate Secretary Bank BRI, Aestika Oryza Gunarto beberapa waktu lalu.

"Atas beredarnya informasi tersebut, dapat kami pastikan bahwa hal tersebut tidak benar. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengimbau nasabah BRI dan masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap berbagai informasi dengan sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan," kata Aestika.

Sumber:

https://twitter.com/kontakBRI/status/1442362125653970947/photo/1

https://bri.co.id/info-perusahaan

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4532625/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-janjikan-bantuan-rp-55-juta-dari-bank-bri?source=search

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang mengklaim Bank BRI membagikan uang sebesar Rp 5 juta karena sedang merayakan ulang tahun ke-120 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.