Sukses

Epidemiolog Sebut Infodemik Masih Jadi Tantangan Selama Pandemi COVID-19

Infodemik membuat masyarakat menjadi tidak percaya pada pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Ahli Epidemiologi, Universitas Andalas, Defriman Djafri mengatakan, infodemik seputar COVID-19 masih menjadi tantangan selama dua tahun pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"Tantangan yang lain adalah memang kita dihadapkan masalah infodemik yang tidak benar yang diterima masyarakat, ini juga merusak tatanan dalam upaya pengendalian, tidak hanya protokol kesehatan, vaksin, dan lain sebagainya," kata Defriman dilansir dari Antara, Jumat (4/3/2022).

Menurut Defriman, infodemik membuat masyarakat menjadi tidak percaya pada pandemi COVID-19 dan meragukan upaya pemerintah menangani penyakit menular tersebut.

Defriman menambahkan, infodemik bisa mempengaruhi penilaian dan pemikiran warga bahwa apapun yang dilakukan pemerintah dianggap salah.

"Yang dikhawatirkan adalah masyarakat lebih mempercayai hal itu, dan itu menjadi suatu konspirasi dibandingkan kondisi yang benar sesuai konteks ilmiah," ucap Defriman.

Untuk itu, menurut dia, pemerintah perlu terus meningkatkan pemberian informasi valid dan mengedukasi masyarakat terkait kondisi terkini penanganan dan pengendalian COVID-19.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.