Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Foto Jakarta Banjir Zaman Bung Karno

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir Jakarta zaman Bung Karno

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto banjir Jakarta zaman Bung Karno, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Desember 2021.

Klaim foto banjir Jakarta zaman Bung Karno menampilkan dua foto, yang pertama foto yang disajikan dalam warna hitam putih menampilkan sejumlah orang sedang berjalan di genangan air. Foto kedua menampilkan foto sejumlah mobil yang melintasi genangan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"klaim foto banjir Jakarta sejak zaman Bung Karno"

Benarkah klaim foto banjir Jakarta zaman Bung Karno? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir Jakarta zaman Bung Karno, dengan menggunakan Google Image.

Penelusuran dilakukan pada foto pertama yang menampilkan sejumlah orang sedang berjalan di genangan air.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir Jakarta sejak zaman Bung Karno

Penelusuran mengarah pada situs resmi Arsip Nasional Republik Indonesia anri.sikn.go.id, situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim foto pertama.

  

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir Jakarta sejak zaman Bung Karno

Situs anri.sikn.go.id menyebutkan, peristiwa dalam foto tersebut merupakan bencana banjir di Solo, Jawa Tengah pada 1947.

 

Penelusuran dilanjutkan pada foto kedua menampilkan foto sejumlah mobil yang melintasi genangan dengan menggunakan Google Image.

 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir Jakarta sejak zaman Bung Karno

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Banjir Sudah dari Dulu, Mitigasi Mestinya Belajar dari Pengalaman Masa Lalu" yang dimuat situs kompasiana.com, pada 4 Oktober 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir Jakarta sejak zaman Bung Karno

 Situs kompasiana.com memuat foto yang identik dengan klaim, foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Macet Karena Banjir -- Jalan-jalan di Kawasan Grogol dan Pluit di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, macet total pada Rabu siang, 16 Januari 1985, karena tergenang air yang merendam beberapa bagian Ibukota sejak Selasa akibat hujan yang mengguyur Jakarta. (KOMPAS/JB SURATNO)"

 

Sumber:

https://anri.sikn.go.id/bencana-banjir-di-solo-jawa-tengah

https://www.kompasiana.com/wurihandoko7905/5f77e5628ede480ebd7af662/waspada-banjir-belajarlah-dari-masa-lalu-jika-saja-kita-bijak?page=4&page_images=1

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto banjir Jakarta zaman Bung Karno tidak benar.

Foto yang pertama adalah banjir yang melanda Solo pada 1947, bukan bajir di Jakarta. Sedangkan foto yang kedua memang bajir di wilayah Jakarta tetapi pada 16 Januari 1985 bukan saat zaman Bung Karno.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.