Sukses

Simak Kumpulan Video Hoaks Terkini Seputar Bencana Alam

Simak kumpulan hoaks video seputar bencana hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Informasi bencana bermunculan di tengah masyarakat belakangan ini dengan beragam bentuknya baik salah satunya video, namun sebaiknya dipastikan dulu kebenarannya sebelum percaya. Agar kita tidak mejadi korban hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi video seputar bencana yang beredar, hasilnya sebagian informasi terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks video seputar bencana hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Video Erupsi Gunung Semeru

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun, informasi tersebut diunggah salah satu akun Twitter, pada 7 Desember 2021.

klaim video erupsi Gunung Semeru disertai air terjun menampilkan pemandangan gunung sedang erupsi dengan kepulan asap ke langit dam dibawahnya terdapat air terjun.

Kemudian video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Semeru Mountain volcanic eruption from 2 days ago"

Benarkah klaim video erupsi Gunug Semeru disertai air terjun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Video Merak Dilanda Angin Puting Beliung

Sebuah video yang diklaim angin puting beliung melanda Merak, Banten, beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 4 Desember 2021.

Video berdurasi 1 menit 39 detik itu memperlihatkan atap dari beberapa rumah rusak setelah diterjang angin puting beliung. Video tersebut kemudian dikaitkan bencana angin puting beliung di Merak, Banten.

"Ini kejadian di Merak hari ini," demikian narasi dalam video tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 12 ribu kali dibagikan dan mendapat 1.100 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan angin puting beliung yang melanda Merak, Banten? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut berikut ini.

 

3. Video Banjir Pamanukan Subang pada 8 Desember 2021

Sebuah video yang diklaim banjir di Pamanukan, Subang pada 8 Desember 2021 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 9 Desember 2021.

Video berdurasi 1 menit 10 detik itu memperlihatkan seorang wanita yang meminta tolong karena terjebak banjir di dalam rumah. Air terlihat telah memenuhi salah satu ruangan rumahnya.

"Tolong bagikan status ini, tolong, kami sangat memohon. Tolong kami, tolong kami bagikan status ini ke media sosial kalian semua, tolong," ucap wanita tersebut.

Video tersebut dikaitkan dengan banjir yang terjadi di Pamanukan, Subang pada 8 Desember 2021.

"Semoga adik ini dan keluarganya slamat🤲🏻😢," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 37 ribu kali dibagikan dan mendapat 4.300 komentar warganet.

Benarkah video tersebut merupakan banjir di Pamanukan, Subang pada 8 Desember 2021? Berikut hasil penelusurannya di sini.

 

4. Video Aliran Lahar Gunung Semeru

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klim video lahar Gunung Semeru

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video lahar Gunung Semeru. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Desember 2021.

Unggahan klim video lahar Gunung Semeru menampilkan cairan berwarna merah yang sedang tumpah di antara asap putih.

"PANTAUAN UDARA 5 DESEMBER 2021

LAHAR GUNUNG SEMERU"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut

"Lahar Semeru..."

Benarkah klim video lahar Gunung Semeru? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.