Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Bayi dalam Video Ini Hasil Rekayasa Genetik

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik, klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 September 2021.

Klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik yang diunggah menampilkan seorang bayi dengan kulit mengelupas.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Inilah hasil Modifikasi Genetika

Akhirnya melahirkan Trans Human.

#StopVax"

Benarkah klaim video bayi hasil modifikasi genetik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik, dengan menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik

 

 Pencarian mengarah pada sejumlah situs salah satunya scorneddeity.com.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik

Situs scorneddeity.com memuat sejumlah foto yang identik dengan klaim, dalam situs terdapat keterangan "PATHOMECHANISMS OF HARLEQUIN ICHTHYOSIS AND ABCA"

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Googel Search dengan kata kunci 'harlequin ichthyosis baby' penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Harlequin ichthyosis" yang dimuat situs medlineplus.gov.

Situs situs medlineplus.gov menyebutkan, Ichthyosis Harlequin adalah kelainan genetik parah yang terutama mempengaruhi kulit. Bayi dengan kondisi ini dilahirkan dengan kulit yang sangat keras dan tebal menutupi sebagian besar tubuhnya. Kulitnya membentuk lempengan besar berbentuk berlian yang dipisahkan oleh retakan dalam (celah). Kelainan kulit ini mempengaruhi bentuk kelopak mata, hidung, mulut, dan telinga, serta membatasi pergerakan lengan dan kaki. Gerakan dada yang terbatas dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan gagal napas.

Kulit biasanya membentuk penghalang pelindung antara tubuh dan lingkungan sekitarnya. Kelainan kulit yang terkait dengan harlequin ichthyosis mengganggu penghalang ini, sehingga lebih sulit bagi bayi yang terkena untuk mengontrol kehilangan air, mengatur suhu tubuh mereka, dan melawan infeksi.

 

Sumber:https://scorneddeity.com/pathomechanisms-of-harlequin-ichthyosis-and-abca.htmlhttps://medlineplus.gov/genetics/condition/harlequin-ichthyosis/

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetik tidak benar.

Bayi dalam video tersebut mengalami Ichthyosis Harlequin, kelainan genetik parah yang terutama mempengaruhi kulit bukan modifikasi genetik.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.