Sukses

Simak Daftar Publik Figur yang Dikabarkan Hoaks Meninggal Dunia

Sejumlah publik figur dikabarkan meninggal dunia, namun setelah ditelusuri informasi tersebut hoaks

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah nama publik figur dikabarkan meninggal dunia belakangan ini, padahal sosok yang disebut ini masih hidup. Informasi tersebut pun masuk dalam kategori hoaks karena hanya kabar bohong.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang menyebutkan sejumlah publik figur meninggal dunia, hasilnya informasi tersebut hanya hoaks.

Simak daftar publik figur yang dijadikan hoaks meninggal dunia:

1. Acha Septriasa Meninggal Dunia pada 29 Oktober 2021

Kabar tentang artis Acha Septriasa meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 29 Oktober 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari YouTube berjudul "Penyanyi Acha Septriasa Meninggall Dunia Seluruh Rekan Artis Tidak Menyangka".

"Bah betuL ka ini???😭😭😭" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons warganet.

Benarkah kabar Acha Septriasa meninggal dunia pada 29 Oktober 2021? Berikut hasil penelusurannya.

 

2. Titiek Puspa Meninggal Dunia pada 26 Oktober 2021

Kabar mengenai artis senior Titiek Puspa meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 26 Oktober 2021.

Channel YouTube tersebut mengunggah sebuah video berjudul "‼️INNALILL4HI‼️ARTIS SENIOR LEGENDARIS MENINGG4L DUNI4, BERITA DUK4 EYANG TITIEK PUSPA, Smga Almh.."

Thumbnail video tersebut memperlihatkan foto Titiek Puspa dan prosesi pemakaman. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"BERITA DUK4 TITIEK PUSPA ARTIS SENIOR INI MENINGG4L DUNI4," demikian narasi dalam video tersebut.

Lalu, benarkah Titiek Puspa meninggal dunia pada 26 Oktober 2021? Berikut hasil penelusurannya.

 

3. Citra Kirana Meninggal Dunia pada 3 November 2021

Kabar tentang artis Citra Kirana meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 November 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah artikel berjudul "Citra Kirana, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un, Selamat Jalan Untuk Selamanya" yang dimuat situs memory-rakyat.blogspot.com.

Artikel tersebut memuat foto Citra Kirana yang tengah terbaring di atas kasur. Selain itu ada juga foto Citra Kirana yang tengah berpose dengan suami, Rezky Aditya.

"Kabar Duka, Citra Kirana, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un, Selamat Jalan Untuk Selamanya 😭 semoga husnul Khotimah...aamiin.," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 kali dibagikan dan mendapat 12 komentar warganet.

Benarkah kabar artis Citra Kirana meningal dunia pada 3 November 2021? Berikut hasil penelusurannya.

 

4. Rano Karno Meninggal Dunia pada 27 Oktober 2021

Kabar terkait Rano Karno meninggal dunia ramai beredar di media sosial. Informasi ini disebarkan salah satu channel YouTube pada 23 Oktober 2021.

Channel tersebut mengunggah sebuah video berjudul “‼️INN4LILAHI‼️😭 SELAMAT JALAN UNTUK SELAMANYA, BERITA DUK4 RANO KARNO, SEMOGA HUSNUL KHOTIMAH” Pada unggahan video tersebut terdpoat Thumbnail foto Rano Karno dan potret makam.

Terdapat juga narasi dalam thumbnail video tersebut. “KABAR DUK4 RANO KARNO ARTIS HITS ERA 70-AN INI MENINGG4L DUNI4 Semoga Husnul Khotimah”

Tayangan video tersebut hingga saat ini sudah disaksikan lebih dari 126 ribu penonton.

Lalu, benarkah Rano Karno meninggal dunia pada 23 Oktober 2021? Berikut hasil penelusurannya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.