Sukses

Waspada Selebaran Hoaks Catut Nama Lembaga Administrasi Negara

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) Indonesia meminta masyarakat mewaspadai selebaran hoaks terkait seminar yang diselenggarakan LAN. Hoaks tersebut ramai beredar melalui media sosial dan surat elektronik.

Selebaran hoaks seminar tersebut disertai logo, nomor surat, alamat, hingga alasan diadakan seminar. Selebaran itu menyebut LAN mengadakan seminar pada 11 November 2021 mendatang.

Menanggapi informasi palsu tersebut, Humas LAN menjelaskan bantahannya melalui postingan di akun Instagram @humas_lan yang sudah mendapat centang biru atau terverifikasi, Kamis (22/10/2021).

"Lembaga Administrasi Negara tidak pernah menyelenggarakan kegiatan sebagaimana nota dinas di infografis," tulis Humas LAN dalam postingannya.

"Untuk itu kepada seluruh stakeholder LAN dimohon berhati-hati, dan dapat mengkonfirmasi melalui Humas LAN apabila memperoleh informasi yang mencurigakan seperti ini, yang menyalahgunakan nama intitusi dan pimpinan LAN. Apabila terdapat hal yang kurang jelas atau mencurigakan, jadikan Humas LAN sebagai acuan informasi yang paling sah dan valid."

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Lembaga Administrasi Negara (@humas_lan)

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.