Sukses

Waspada, Website Palsu PeduliLindungi Minta Uang Rp 1 Juta untuk Pendaftaran Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali mengingatkan masyarakat tentang munculnya website PeduliLindungi palsu. Kominfo meminta masyarakat segera melapor jika menemukan website atau aplikasi palsu lain yang mengatasnamakan PeduliLindungi.

Website palsu yang beredar beralamat di pedulilindungiq.com. Dalam website tersebut terdapat atribut, logo, gambar, dan tema yang identik dengan website resmi PeduliLindungi.

Dalam website palsu itu, masyarakat diminta membayar sebesar Rp.1.000.000 untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19. Padahal, dalam website PeduliLindungi yang asli tidak pernah meminta pembayaran untuk keperluan apa pun.

Kominfo menegaskan saat ini telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulindungiq.com. Mereka juga meminta masyarakat hanya mengakses website PeduliLindungi resmi yang beralamat di PeduliLindungi.id.

Selain itu, Kominfo meminta masyarakat untuk melakukan pelaporan ke aduankonten.id atau kanal-kanal aduan konten lain yang telah disediakan jika menemukan website palsu atau aplikasi palsu yang mencatut nama PeduliLindungi.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak mana pun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.