Sukses

Kominfo Ajak Anggota Pramuka Perangi Hoaks Seputar Covid-19

Ia mengharapkan agar anggota Pramuka dan masyarakat secara rutin melakukan pemeriksaan melalui laman website covid19.go.id untuk mendapatkan informasi terpercaya seputar Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tenaga Ahli Menteri Kominfo, Donny Budi Utoyo mengajak anggota pramuka dan masyarakat Indonesia ikut serta memberantas hoaks seputar covid-19. Hal itu disampaikan Donny saat melakukan Pelatihan Penguatan Gerakan Pramuka, yang menghadirkan Kominfo berkolaborasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dan Pusat Informasi Gerakan Pramuka, Sabtu (28/8/2021).

"Pramuka bisa membantu memberantasnya. Jika ada berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya, jangan disebar ke orang lain dengan alasan bertanya atau mengonfirmasi," ujar Donny, dilansir Antara.

Dirinya juga mengungkap sejumlah masyarakat telah menjadi korban akibat percaya hoaks. Menurutnya hal itu terjadi karena mereka langsung mempercayai dan menyebarkan informasi yang belum terverifikasi kebenarannya ke orang sekitar.

Donny mengungkap telah terdapat hampir dua ribu kabar hoaks yang beredar di masyarakat dan masih akan terus bertambah. Hal ini tentu menjadi suatu permasalahan yang harus diselesaikan bersama-sama.

"Hoaks sangat berbahaya. Banyak yang menjadi korban gara-gara percaya hoaks. Setiap kabar palsu atau hoaks bisa menyebar hingga ke ribuan orang. Setiap orang bisa terlibat memutus penyebarannya dengan memeriksa setiap informasi yang diterima. Kini, semakin banyak tempat untuk memeriksa informasi terpercaya terkait covid-19," ujarnya menambahkan.

Ia mengharapkan agar anggota Pramuka dan masyarakat secara rutin melakukan pemeriksaan melalui laman website covid19.go.id untuk mendapatkan informasi terpercaya seputar Covid-19.

 (MG/ Azarine Jovita Halim)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.