Sukses

Video Bawang Putih Bisa Keluarkan Cairan di Paru-paru Akibat Covid-19, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Banyak beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan video yang menyebut sebagai cara efektif mengeluarkan cairan lendir di paru-paru akibat covid-19 menggunakan bawang putih. Padahal faktanya video tersebut hoaks dan menyesatkan.

Dalam video yang beredar ada dua versi yakni yang menggunakan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Namun inti dari video tersebut sama yakni memasukkan bawang putih ke dalam hidung dan terlihat ada lendir yang keluar.

Video viral itu juga dilengkapi narasi yang menyesatkan yakni cara tersebut bisa mengeluarkan lendir di paru-paru akibat covid-19. Narasi juga meminta agar video itu disebarkan.

Dokter Muhamad Fajri Adda'i yang juga edukator covid-19 membantah narasi dan juga cara yang dipraktekkan dalam video tersebut.

"Kegiatan tanpa dasar itu karena jika ada bawang yang tertelan bisa menyumbat saluran pernafasan kita. Ada juga risiko iritasi dan bahkan bisa kekurangan oksigen jika bawang yang dimasukkan ke hidung menutupi saluran pernafasan. Hal seperti ini jangan ditiru di rumah," ujarnya.

Saksikan video penjelasannya di bawah ini:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.