Sukses

Dari Virtual Class Liputan6.com, Belajar Mendeteksi Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan hoaks dan misinformasi yang terjadi di Indonesia terkait vaksin Covid-19 masih beigtu masif. Hal ini pula salah satunya yang diangkat dalam Virtual Class Liputan6. com, Selasa (27/07/2021).

Hoaks biasanya disebarkan melalui konten yang beragam seperti teks, foto, serta video. Cara menyebarkannya pun beragam, seperti halnya konten video yang seringkali disunting terlebih dahulu.

Dalam Virtual Class dengan tema "Varian Delta Turunkan Efikasi Vaksin, Perlukah Dosis Ketiga?", audiens diperkenalkan cara mendeteksi hoaks dengan menggunakan beberapa tool sederhana. Di antaranya Google Image dan Yandex.

“Beragam ya caranya orang menyebar hoaks, ada yang diambil sendiri kemudian dibagikan tapi narasi isi dari video tersebut diubah bukan dengan kejadian sebenarnya,” ujar Hanz Jimenz, fact checker Liputan6.com

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Chatbot Liputan6 Cek Fakta

Di luar itu, untuk melawan hoaks yang semakin menyebar di masyarakat Liputan6.com meluncurkan layanan Chatbot WhatsApp untuk memeriksa kebenaran suatu informasi. Dalam layanan Chatbot ini masyarakat diajak untuk mengecek informasi tersebut benar atau tidak.

Layanan Chatbot ini bisa langsung digunakan dengan menghubungi 08119787670 dan akan langsung dibalas secara otomatis. Chatbot ini juga disediakan tanpa pungutan biaya.

Cara penggunaan Chatbot ini adalah cukup mengetik kata kunci dari informasi atau berita yang ingin diketahui, nantinya akan mendapat jawaban dari informasi yang sudah ada pada database Liputan6.com. Kemudian, dalam layanan ini juga tersedia tips and trick menangkal hoaks sehingga membuat kita lebih mudah untuk meminimalisir percaya terhadap hoaks.

(MG/Geiska Vatikan Isdy)

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.