Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini SBY Pesan ke Anies Cairkan Dana Anggaran

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pesan ke Anies Baswedan untuk mencairkan dana anggaran beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Muhammad Rizaldy pada 29 Juni 2021.

Dalam foto tersebut, SBY tampak tengah bersalaman dengan Anies. Terdapat narasi dalam foto tersebut. Beriku isinya:

"Jgn tanggapi kata netizen, teruslah menata kata karena kebohongan butuh kecerdasan,proyek mangkrak itu hal biasa yg penting cairkan "Dana Anggaran."

"Pesan Guru kepada muridnya 😀," tulis akun Facebook Muhammad Rizaldy.

Konten yang disebarkan akun Facebook Muhammad Rizaldy telah 17 kali dibagikan dan mendapat 93 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut SBY menyampaikan pesan ke Anies Baswedan untuk mencairkan dana anggaran? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim SBY menyampaikan pesan ke Anies Baswedan untuk mencairkan dana anggaran. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memuat foto identik. Satu di antaranya artikel berjudul "Anies Doakan Ani Yudhoyono Pulih dan SBY Sekeluarga Dikuatkan" yang dimuat situs detik.com pada 1 Maret 2019 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs detik.com.

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hari ini menjenguk istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono. Anies mendoakan Ani Yudhoyono, yang menderita kanker darah, dapat segera pulih.

Anies datang ke National University Hospital (NUH) Singapura pada Jumat (1/3/2019). Anies didampingi sang istri, Fery Farhati Ganis.

Di sana, Anies dan Fery berbincang dengan SBY di samping ruang perawatan. Keduanya menyimak penuturan SBY soal proses penyembuhan yang sedang dijalani Ibu Ani.

"Proses penyembuhan yang sedang dijalani bukanlah ringan. Sebuah cobaan yang datang tak diduga," tulis Anies di Instagram.

Anies mendoakan Ani Yudhoyono segera pulih. Dia juga berharap SBY beserta keluarga selalu kuat dalam mendampingi Ibu Ani.

"Doa kami semua, semoga dimudahkan-Nya proses penyembuhan Ibu Ani dan biidznilah beliau bisa pulih kembali seperti semula, bisa beraktivitas bersama keluarga dan masyarakat. Dan semoga Pak SBY sekeluarga diberikan kekuatan dan kesehatan agar bisa terus mendampingi dalam proses penyembuhan ini," ungkapnya.

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-4450014/anies-doakan-ani-yudhoyono-pulih-dan-sby-sekeluarga-dikuatkan

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim SBY menyampaikan pesan ke Anies Baswedan untuk mencairkan dana anggaran ternyata tidak benar. Foto tersebut telah dimanipulasi atau diedit dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta.

Faktanya, foto tersebut merupakan peristiwa Anies Baswedan menjenguk istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono yang dirawat di Singapura pada Maret 2019 lalu. 

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: