Sukses

Akademisi: Chatbot Liputan6 Cek Fakta Upaya Nyata Melawan Gangguan Informasi

Liputan6.com, Jakarta - Di Era digital saat ini membuat manusia semakin mudah mendapatkan informasi. Namun tidak semua informasi yang bertebaran di media sosial itu berdampak positif.

Sebagian di antaranya justru berisi informasi palsu atau hoaks. Sejumlah media massa terus melakukan aksi nyata untuk mengimbangi permasalahan ini. Salah satunya yang dilakukan Liputan6.com dengan meluncurkan layanan Chatbot Liputan6 Cek Fakta, pada 21 Juni 2021.

Dosen Departemen Komunikasi Universitas Gajah Mada (UGM), Zainuddin Muda Z Monggilo menyambut baik adanya layanan Chatbot Liputan6 Cek Fakta. Menurut Zainuddin, langkah yang dilakukan Liputan6.com ini merupakan upaya melawan gangguan informasi di era digital, terlebih saat pandemi Covid-19.

"Saya mengapresiasi chatbot yang diinisiasi oleh Liputan6.com sebagai salah satu upaya nyata dalam melawan gangguan informasi di era digital, apalagi ditambah dengan meningkatnya informasi-informasi palsu di masa pandemi covid-19," ungkap Zainuddin kepada Liputan6.com, Selasa (22/6/2021).

Zainuddin mengatakan, Chatbot Liputan6 Cek Fakta ini dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi kapan saja. Chatbot Liputan6 Cek Fakta juga turut menambah opsi lain dari ragam chatbot sebelumnya yang telah hadir sebagai bagian dari sistem informasi publik yang kian diperkokoh di era pandemi.

"Tujuannya tentu saja untuk menciptakan ruang digital yang lebih nyaman, sehat dan aman dari konten-konten negatif," kata Zainuddin.

Zainuddin berharap, Chatbot Liputan6 Cek Fakta ini dapat konsisten menyampaikan informasi valid yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi di masa pendami Covid-19 saat ini.

"Sekali lagi saya melihat inovasi-inovasi yang telah ada ini untuk dirawat secara konsisten sehingga bisa terus memberikan pembaruan info yang dibutuhkan penggunanya," tutup Zainuddin.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: