Sukses

Cek Fakta: Video Ini Bukan Kondisi Terkini Christian Eriksen Usai Kolaps di Pertandingan Piala Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim kondisi terkini pemain sepak bola Denmark, Christian Eriksen usai kolaps di pertandingan Piala Eropa beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan channel YouTube LUCU INDONESIA pada 14 Juni 2021.

Video berdurasi 14 detik itu, Christian Eriksen terlihat melambaikan tangan dari dalam gedung. Ia tampak mengenakan jaket berwarna hitam sambil mengacungkan jempol.

Channel YouTube LUCU INDONESIA mengklaim bahwa video tersebut merupakan kondisi terkini dari Eriksen setelah kolaps saat pertandingan di Piala Eropa.

"Fans "geruduk" rumah sakit - Keadaan eriksen sehari setelah kejadian serangan jantung saat euro 2020 - Christian Eriksen Collapses," tulis channel YouTube LUCU INDONESIA.

Konten yang disebarkan channel YouTube LUCU INDONESIA telah 70 kali ditonton warganet.

Benarkah video tersebut merupakan kondisi terkini pemain sepak bola Denmark, Christian Eriksen usai kolaps di pertandingan Piala Eropa? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim kondisi terkini pemain sepak bola Denmark, Christian Eriksen usai kolaps di pertandingan Piala Eropa.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat video identik yang dimuat oleh beberapa situs pemberitaan.

Satu di antaranya video yang ditayangkan situs tuttosport.com pada 30 Agustus 2020 dengan judul "Inter, Eriksen potrebbe già partire". Video itu ternyata rekaman Eriksen ketika menjalani tes medis di Milan, Italia, sebagai syarat kepindahannya ke Inter Milan pada Januari 2020 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Situs tuttosport.com.

Gambar serupa juga ditemukan di cuitan akun Twitter @footballitalia pada 27 Januari 2020 lalu. Dalam gambar itu Eriksen yang mengenakan jaket berwarna hitam mengacungkan jempol ke arah fansnya dari dalam gedung.

"Christian Eriksen telah menyelesaikan tes medis #Inter di pusat CONI di Milan, dan melambai kepada para penggemar Inter dari jendela. #FCIM #THFC," tulis akun Twitter @footballitalia.

Gambar Tangkapan Layar Cuitan dari Akun Twitter @footballitalia.

 

Referensi:

https://www.tuttosport.com/video/calcio/serie-a/inter/2020/08/30-73275486/inter_eriksen_potrebbe_gia_partire

https://twitter.com/footballitalia/status/1221838792086237184

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim kondisi terkini pemain sepak bola Denmark, Christian Eriksen usai kolaps di pertandingan Piala Eropa ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan rekaman Eriksen ketika menjalani tes medis di Milan, Italia, Januari 2020 lalu.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: