Sukses

Lawan Misinformasi, Google Gelar Workshop untuk Jurnalis, Mahasiswa dan Pemeriksa Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Google News Initiative (GNI) akan menyelenggarakan program University Verification Workshop pada 24 Mei hingga 9 Juni 2021. Workshop ini ditujukan kepada mahasiswa, jurnalis, dan pemeriksa fakta. Workshop ini juga diadakan secara gratis di Asia.

GNI merupakan program dari Google yang bertujuan untuk membantu jurnalisme berkembang di era digital. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat jurnalisme, serta memberdayakan pemanfaatan teknologi sebagai inovasi berita.

Dilansir Business Mirror, University Verification Workshop ini akan berfokus pada prinsip verifikasi termasuk geolokasi, sumber pemeriksaan, dan etika pengecekan fakta. Workshop ini akan dijalankan oleh mitra-mitra di seluruh Asia. Workshop ini akan menampilkan pelatih GNI bersertifikat. Eoghan Sweeney, pelatih media spesialis investigasi  juga menyiapkan materi untuk workshop ini.

Eoghan Sweeney merupakan konsultan media digital yang berbasis di Berlin. Eoghan juga telah membantu dan mengembangkan operasi verifikasi dan pemeriksaan fakta untuk perusahaan media diantaranya: South China Morning Post milik Hong Kong dan Deutsche Presse-Agentur milik Jerman.

University Verification Workshop ini juga merupakan bagian dari APAC Trusted Media Summit. APAC Trusted Media Summit sendiri merupakan konferensi yang diadakan tahunan. Konferensi ini mempertemukan jurnalis, akademisi, dan LSM yang merupakan bagian dari pengecekan fakta dan memerangi misinformasi di seluruh Asia Pasifik.

Pada tahun keempat ini, konferensi ini diselenggarakan oleh First Draft, jaringan Pemeriksa Fakta Internasional di Poynter dan GNI. Google merencanakan workshop dan pelatihan ini direncanakan akan diadakan sepanjang tahun.

(MG/Jihan Fairuz)

Sumber:

https://businessmirror.com.ph/2021/05/14/google-to-hold-university-verification-workshops-to-help-fight-misinformation-in-the-country/

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Cek Fakta di Bawah Ini