Sukses

Cek Fakta Liputan6.com Bersama UNIDA Berbagi Cara Memberantas Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan era digital yang kian masif membuat arus informasi semakin deras, kondisi ini harus disikapi dengan bijak agar kita tidak ikut berperan dalam menyebar hoaks. Cek Fakta Liputan6.com pun berbagi cara memberantas hoaks dengan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Politik Universitas Djuanda, Bogor. 

Dekan Fakultas Ilmu sosial dan Politik Universitas Djuanda, Bogor Denny Hernawan mengatakan, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Politik Universitas Juanda, Bogor menggandeng Cek Fakta Liputan6.com untuk menyelenggarakan diskusi virtual berjudul "Bijak Menelan Informasi di Era Digital".

"Alhamdulillah kerjasama ini bisa diwujudkan dalam bentuk kongkret dengan Liputan6.com," kata Denny, saat membukan diskusi virtual "Bijak Menelan Informasi di Era Digital", Jumat (7/5/2021).

Menurut Denny, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyikapi perkembangan era digital yang terjadi belakangan ini, sehingga momen tersebut membawa manfaat yang baik dan dapat menghindari dampak negatif era digital, salah satunya penyebaran hoaks.

"Harus diakui diera digital banyak manfaat yang didapatkan masyarkat bisa mengakses beragam informasi mulai hal positif seperti sumber keilmuan sampai hal yang sifatnya dramatis sepeti bagaimana cara membuat bom," tuturnya.

Denny berharap, diskusi virtual ini dapat membuat pesertanya bijak dalam memanfaatkan perkembangan era digital, khususnya pengguna sosial media. Agar tidak ikut berperan menyebar hoaks yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Harapannya siapaun menggunakan media sosial untuk bisa menggunaakan media secara bijaksana, karena jika dengan secara bisjaksana tidak akan terkena masalah hukum," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Redaktur Pelaksana Cek Fakta Liputan6.com Edu Krisnadefa menyatakan, semua pihak bisa berperan menjadi pemberantas hoaks, caranya pun mudah salah satunya dengan memperkuat literasi digital.

"Teman-teman bisa jadi pioner pemberantas hoaks. Pertama dengan literasi," katanya.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut