Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Rombongan WN China Baru Mendarat di Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim rombongan warga negara (WN) China baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Faceook Xcross pada 5 Mei 2021.

Dalam foto tersebut, terdapat beberapa orang berseragam tengah berdiri di lobi bandara. Mereka tampak membawa koper dan tas.

Akun Facebook Xcross kemudian mengaitkan foto tersebut dengan baru mendaratnya rombongan WN China tanpa melewati jalur imigrasi di Bandara Soetta.

"Yg seperti ini kita mau percaya sama pemerintah ❗❗❗

Tinggal nunggu hancur tanpa nama Republik Indonesia, di dukung Rusdi Kirana, Lion Wings Air, pesawat yg berani mnurunkn penumpang dari Cina, tanpa lewat jalur Imigrasi, tp lewat penumpang dlm negeri," tulis akun Facebook Xcross.

Foto yang disebarkan akun Facebook Xcross telah 318 kali dibagikan dan mendapat 40 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut rombongan warga negara (WN) China baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta)? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim rombongan warga negara (WN) China baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Fakta 'Tentara Berseragam' di Soetta: Penumpang Biasa Mau ke Luar" yang dimuat situs detik.com pada 2 Oktober 2020 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs detik.com

Kota Tangerang - Pihak Bandara Soekarno-Hatta angkat bicara terkait viral isu 'kedatangan tentara berseragam'. Pihak Bandara Soekarno-Hatta menyebut bahwa sekelompok pria berseragam warna krem adalah penumpang yang hendak terbang ke luar negeri."Itu kan penumpang biasa. Penumpang biasa yang mau berangkat ke luar," Manager Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar saat dihubungi detikcom, Jumat (2/10/2020).

Haerul mengonfirmasi bahwa para penumpang tersebut adalah WN China. Hanya saja dia belum bisa memastikan soal jadwal keberangkatan para penumpang WN China tersebut.

"infonya begitu, tapi nanti untuk lebih detailnya konfirmasi juga ke pihak maskapainya. (Kapan berangkatnya) saya belum terima detailnya soal itu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Haerul mengatakan bahwa pihaknya memastikan bahwa pelayanan dan operasional di Terminal 3 keberangkatan internasional berjalan dengan baik. Pihak bandara memastikan pelayanan berjalan sesuai standar protokol kesehatan COVID-19.

"Kami selaku pengelola bandara hanya memastikan bahwa pelayanan dan operasional di terminal itu berjalan dengan baik. Apa aja sih yang perlu kita pastikan, pertama dari physical distancing itu kita pastikan terjaga, dilaksanakan, kedua saat administrasi sebagai penumpang yang akan berangkat tentunya harus dipenuhi, itu yang perlu kita pastikan, masalah fasilitas dan lain sebagainya," tandasnya.

Seperti diketahui, foto sekelompok pria berseragam warna krem, viral di media sosial. Foto tersebut dinarasikan sebagai tentara berseragam yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Polisi meragukan kebenaran informasi yang tersebar viral tersebut. Sebab, dilihat dari lokasinya, itu bukan terminal kedatangan internasional, melainkan terminal keberangkatan.

"Dilihat dari fotonya, itu bukan area kedatangan internasional. Itu area keberangkatan internasional Terminal 3 Bandara Soetta," kata Alexander dalam keterangan kepada detikcom, Jumat (2/10/2020).

Alexander juga menganalisis foto 'seragam tentara' yang disebut-sebut pada unggahan tersebut. Dari analisisnya, pakaian yang dikenakan para calon penumpang itu bukan seragam tentara.

"Itu bukan seragam tentara ya. Kalau saya cek di internet, itu pekerja di bagian tambang atau personel lapangan," katanya.

Lebih lanjut, saat ditanya apakah kabar tersebut hoax, Alexander menjawab, "Mungkin fotonya benar. Tapi narasinya itu yang perlu dipertanyakan dan dikonfirmasi."

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-5197879/fakta-tentara-berseragam-di-soetta-penumpang-biasa-mau-ke-luar

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim rombongan warga negara (WN) China baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut bukan rombongan WN China yang baru mendarat, melainkan yang akan berangkat ke negara tujuannya.

Foto tersebut sempat viral pada Oktober 2020 lalu. Ketika itu, foto tersebut disebut-sebut sebagai kedatangan pasukan dari China. Namun klaim tersebut tidak terbukti.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: