Sukses

Pers Dianggap Berperan Penting Stop Hoaks dan Misinformasi

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani menilai, pers punya peran penting mencegah hoaks dan misinformasi di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Christina sebagai peringatan World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Sedunia, yang jatuh pada Senin 3 Mei 2021.

"Dalam konteks banjir informasi, pers memegang peran yang sangat penting dan strategis. Pers harus menjadi tempat bagi masyarakat menemukan informasi yang sebenarnya," kata Christina, dilansir dari Antara, Rabu (5/5/2021).

Dia menilai tugas pers di era digitalisasi saat ini memang tidak mudah, apalagi dengan maraknya penyebaran hoaks. Christina pun mengapresiasi sejumlah media arus utama yang memiliki kanal cek fakta. 

"Kolom cek fakta menjadi angin segar di tengah membanjir-nya informasi yang diterima masyarakat utamanya melalui media sosial yang seringkali tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Menurut politisi Partai Golkar itu, pers yang menjalankan perannya sesuai dengan kaidah jurnalistik serta tidak mudah tergiring opini, akan sanggup memberikan warna sesuai jati dirinya sebagai insan pers profesional.

Selain itu dia menilai peran-peran pers tersebut apabila diperkuat dengan masyarakat yang terliterasi dengan baik, dirinya optimis akan sanggup membendung tsunami hoaks yang saat ini menjadi tantangan bersama.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: