Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ada Sosok Putih Bercahaya Datangi Rizieq Shihab Saat Sidang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim sosok putih bercahaya datang saat Rizieq Shihab menjalani sidang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan channel YouTube JURNALIS pada 21 April 2021.

Video berdurasi 10 menit 11 detik itu diberi judul "BERITA TERKINI ~ SUBHANALLAH !!! WALIYULLAH MUNCUL DI PERSIDANGAN HABIB RIZIEQ | VIRAL HARI INI".

Dalam video tersebut, tampak suasana saat sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Terdapat sesosok putih berada di depan kursi terdakwa Rizieq Shihab. Terdapat juga narasi dalam cuplikan video tersebut.

"MASYALLAH...!!!

SOSOK PUTIH BERCAHAYA DATANGI HRS

DETIK DETIK WALIYULLAH HADIR DI PERSIDANGAN"

Video yang disebarkan channel YouTube JURNALIS telah 3.900 kali ditonton dan mendapat 52 komentar warganet.

Benarkah ada sosok putih bercahaya datang saat Rizieq Shihab menjalani sidang? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sosok putih bercahaya datang saat Rizieq Shihab menjalani sidang.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat gambar serupa yang dimuat dalam beberapa artikel.

Satu di antaranya artikel berjudul "Pengacara Habib Rizieq: Jaksa Kutip Hadis Nabi untuk Zalimi Ulama" yang dimuat situs gelora.co ada 31 Maret 2021.

Namun gambar yang ada dalam artikel tersebut tidak terdaat sosok putih. Berikut gambar tangkapan layarnya.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs gelora.co

Referensi:

https://www.gelora.co/2021/03/pengacara-habib-rizieq-jaksa-kutip.html

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sosok putih bercahaya datang saat Rizieq Shihab menjalani sidang ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada sosok putih bercahaya yang datang saat Rizieq Shihab menjalani sidang. Cuplikan gambar dalam video yang disebarkan channel YouTube JURNALIS telah dimanipulasi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: