Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Alfamart Bagikan Hadiah Rayakan Pembukaan Toko ke-1000

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai menjanjikan hadiah dari Alfamart untuk merayakan pembukaan toko ke-1000.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai menjanjikan hadiah dari Alfamart untuk merayakan pembukaan toko ke-1000. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai itu menyertakan tautan pada website tertentu. Di website terdapat narasi:

"Celebrating the opening of the 1,000th storeMore than 100 computers and mobile devices, and 50 cash prizes. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

atau dalam Bahasa Indonesia:"Merayakan pembukaan toko ke-1000. Lebih dari 100 komputer dan perangkat seluler, dan 50 hadiah uang tunai. Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!"

Lalu benarkah pesan berantai berisi informasi Alfamart sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dalam merayakan pembukaan toko ke-1000?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan membuka akun resmi Alfamart di Instagram, @alfamart yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Di sana terdapat penjelasan terkait hal tersebut dalam postingan tanggal 1 April 2021.

"Hai Sahabat!!Mohon untuk selalu tetap waspada Terhadap Penipuan yang mengatas namakan #Alfamart!!

Dengan ini Alfamart menyatakan bahwa tidak melakukan pembagian hadiah untuk Merayakan Pembukaan toko ke 1.000 seperti apa yang tertera pada gambar berikut ini.

Kembali kami ingatkan Kepada Masyarakat, mohon agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah, voucher belanja ataupun bonus, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami."

Mereka juga mengingatkan agar masyarakat untuk memeriksa informasi terkait program yang diadakan Alfamart melalui channel resmi.

"Konsumen diharapkan waspada apabila mendapatkan tawaran seperti di atas. Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau program hadiah oleh Alfamart hanya melalui situs dan Media Sosial resmi berikut ini :- www.alfamartku.com,- Facebook : www.facebook.com/alfamartku,- Instagram : www.instagram.com/alfamart,- Twitter www.twitter.com/alfamart dan- Nomor resmi WhatsApp Alfamart 08111500959.

Keluhan konsumen dan informasi promo dapat menghubungi Sahabat Alfamart di nomor telepon 1500959"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Alfamart (@alfamart)

Pesan berantai berisi penipuan juga sudah beberapa kali mencatut nama Alfamart. Hal itu pernah disampaikan oleh Coorporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman pada Cek Fakta Liputan6.com beberapa waktu lalu.

"Masyarakat jangan mudah tergiur oleh iming-iming yang diberikan meski seolah-olah dibuat resmi oleh Alfamart," ujarnya.

"Kalau tidak cermat, masyarakat akan mengira itu resmi dibuat oleh Alfamart, namun yang paling mudah menandainya adalah dengan cara melalui nama alamat web atau link yang tidak lazim," katanya menambahkan.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CNG1iQGrQRB/?hl=id

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Pesan berantai berisi informasi Alfamart sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dalam merayakan pembukaan toko ke-1000 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.