Sukses

Berikut Foto Hoaks yang Beredar di Medsos

Simak foto hoaks terbaru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Foto menjadi salah satu media yang kerap dimanfaatkan untuk bahan hoaks. Biasanya, foto yang dijadikan hoaks disajikan dengan keterangan yang tidak sesuai fakta sebenarnya atau telah mengalamai editan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah foto hoaks yang beredar di dunia maya dan nyata. Dari Gubernur Anies Baswedan Sirkus hingga penampakan seorang buzzer.

Berikut foto hoaks terbaru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Anies Bermain Sirkus

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Anies bermain sirkus

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bermain sirkus.

Klaim foto Anies bermain sirkus diunggah akun Facebook Dhany Alamsyah, pada 11 Maret 2021.

Foto yang diunggah merupakan foto ragkaian yang menampilkan Anies mengendarai sepeda dengan melepas tangan, satu foto Anies berbaju batik dan satu foto lagi mengenakan baju putih.

Foto tersebut di berikan keterangan sebagai berikut:

"beliau piawai dalam bermain sirkuskeahlian beliau selain lepas tangan beliau juga pandai lepas tanggung jawab...contohnya dana formula e, dana covid 19 untuk dki dll"

Benarkah klaim foto Anies bermain sirkus? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Anies bermain sirkus tidak benar. 

Dua foto yang diklaim tersebut tidak ada kaitannya dengan Anies bermain sirkus. 

 

2. Foto Kebakaran Pesantren Alquran, 28 Santri dan Guru Tewas

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Masjid Alquran Terbakar, 28 Santri dan Guru Tewas.

Sebuah foto yang diklaim sebagai peristiwa kebakaran pesantren alquran yang menewaskan 28 santri dan guru beredar media sosial.

Foto tersebut dimuat dalam artikel berjudul "Innalillahiwainnalillahirajiun! Pesantren AIquran Terbakar, 28 Santri & Guru Tewas Terpanggang" yang dimuat situs portalnegeri.co pada 28 Januari 2021.

Berikut isi artikelnya:

Sebuah pondok pesantren Alquran di dekat Ibu Kota Monrovia, Liberia terbakar pada Rabu 18, dini hari waktu setempat.

Akibat kebakaran tersebut 26 santri dan 2 guru dikabarkan tewas terpanggang. Kantor kepresidenan Liberia, yang dilansir dari iNews.id, yang dikutip dari AFP, menyatakan,

Presiden Liberia George Weah langsung meninjau lokasi kebakaran tersebut, kata juru bicara kepresidenan, Solo Kelgbeh.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kebakaran yang sudah merenggut puluhan nyawa tersebut.

Pihak kepolisian setempat pun masih melakukan penyelidikan. Diduga puluhan korban tewas terpanggang karena sedang berisitirahat, sehingga tidak sempat menyelamatkan diri.

Benarkah foto yang diklaim sebagai peristiwa kebakaran pesantren alquran yang menewaskan 28 santri dan guru? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim sebagai peristiwa kebakaran pesantren alquran dan menewaskan 28 santri dan guru ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan peristiwa terbakarnya Masjid Takarub, berada di Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara pada 28 Desember 2019 lalu.

 

3. Foto Pria Mengamuk karena Janda

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Seorang Pria Mengamuk karena Janda (sumber: Facebook)

Sebuah foto yang diklaim seorang pria mengamuk karena janda beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Ultraman pada 16 Maret 2021.

Dalam foto yang diunggahnya, terlihat seorang pria tengah diamankan polisi. Pria tersebut terlihat bertelanjang dada. Terdapat narasi dalam foto tersebut. Berikut isinya:

BERITA HARI INI

"Pria ini mengamuk karena Janda yang di nikikahinya tidak perawan lagi"

"Ana yakin ini pasti kadrun, soalnya tulul," tulis akun Facebook Ultraman.

Benarkah pria dalam foto tersebut mengamuk karena janda? Berikut penelusurannya.

Foto yang diklaim seorang pria mengamuk karena janda ternyata tidak benar. Faktanya, pria dalam foto tersebut merupakan Agung Suprapto (38) warga Dusun Kedawung, Desa Bicak, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Agung diamankan setelah mengamuk di sekitar rumahnya. Dia diduga mengalami depresi setelah ibunya meninggal dunia.

 

4. Foto Botol Vaksin Kadrun

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto vaksin Kadrun

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto vaksin Kadrun, klaim tersebut diunggah akun Facebook Aska, pada 22 Desember 2020.

Klaim foto vaksin Kadrun yang diunggah menampilkan sebuah botol yang tertuliskan "Vaccine KADRUN Kampretvirus" beserta sebuah alat suntik.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ga usah nyuruh2 duluan nyoba vaksin covid 19 drun,FETE. Fetambooran Chemical Rijik United, sdh nyediain Vaksin khusus buat ente 😏"

Benarkah foto vaksin Kadrun? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto vaksin Kadrun tidak benar.

Foto tersebut telah mengalami editan, dalam foto asli tulisan pada botol adalah "COVID-19 Corona virus" 

 

5. Orang dalam Foto Ini adalah Buzzer

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer,

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim buzzer. Foto tersebut diunggah akun Facebook Susetyo Nugroho, pada 19 Maret 2021.

Foto yang diunggah merupakan tangkapan layar unggahan akun Facebook Marsani Sutejo yang menampilkan seorang berambut panjang sedang duduk mengahdap ponsel berjajar.

Pada foto buzzer tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"cebong itu sebenarnya gak banyak, 1 ekor cebong mungkin bisa punya 20-50 akun di medsos... mereka harus begitu karena hanya dgn cara itulah mereka bisa dapet duit buat makan ..... jika perlu, mereka bikin berita hoax dan fitnah sana sini, atau bahkan sekedar bikin meme yg sangat murahan ... karena memang spt itulah kapasitas mereka"

Kemudian pada bagian foto terdapat tulisan berikut:

"salah satu buzzeRp rezim firaun yang berhasil tercolong kamera....pantes aja mereka kerja keras utk menghancurkan Islam....modalnya sudah byk yg dikeluarkan utk bayar buzzeRp dan hp utk buat puluhan akun, dsb, dll,dkk. # Hancur negara Indonesia"

Benarkah klaim foto buzzer? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto buzzer tidak benar. Hasil penelusuran menyebutkan, wanita dalam foto tersebut bekerja di sebuah peternakan manipulasi peringkat App Store China.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.