Sukses

Cek Fakta: Hoaks Poster Deklarasi Capres Cawapres Jusuf Kalla-AHY

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar poster berisi deklarasi capres cawapres 2024 kembali beredar. Kali ini gambar poster deklarasi Jusuf Kalla dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada 19 Maret 2021.

Dalam gambar tersebut, terpampang foto Jusuf Kalla dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Terdapat narasi "DEKLARASI DUKUNGAN DEMOKRAT S14P".

Selain itu terdapat juga tempat dan waktu acara digelarnya deklarasi, yakni di Fairmont, Jakarta, pada Senin 22 Maret 2021.

Benarkah ada deklarasi capres cawapres 2024, Jusuf Kalla dan AHY seperti dalam poster yang viral tersebut? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar deklarasi Jusuf Kalla dan Agus Harimurti Yudhoyono yang beredar lewat gambar poster di media sosial.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "deklarasi jk ahy" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar deklarasi tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Beredar Poster Deklarasi JK-AHY, Ini Kata Demokrat" yang dimuat situs merdeka.com pada 19 Maret 2021.

Merdeka.com - Setelah poster deklarasi capres-cawapres Puan Maharani-Moeldoko, kini beredar deklarasi dukungan capres-cawapres Jusuf Kalla-AHY.

Poster undangan yang beredar itu menampilkan foto JK dan AHY serta ditambah embel-embel khas Demokrat 'S14P'.

Dalam poster itu tertulis, undangan deklarasi bertanggal Senin, 22 Maret 2021 di Hotel Fairmont Jakarta. Dengan nomor kontak 081299992024 yang tak bisa dihubungi.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra memastikan poster tersebut palsu. Ia mengatakan, tidak masalah Demokrat diserang kabar bohong dan poster palsu demikian.

"Jadi, silakan yang lain menebar kabar bohong, membuat poster aneh-aneh, kami tetap fokus pada kerja-kerja nyata membantu rakyat," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (19/3).

Senada, dari pihak Jusuf Kalla pun membantah ada rencana deklarasi capres dan cawapres. Juru Bicara JK, Husain Abdullah menegaskan kabar itu hoaks."Tidak ada, hoax," katanya ketika dikonfirmasi.

Selain itu, Kepala Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Andi Arief juga membantah kabar deklarasi JK-AHY yang beredar lewat gambar poster di media sosial.

Lewat unggahan di akun Twitternya, @Andiarief__. Akun Twitter @Andiarief__ menyebut bahwa kabar deklarasi JK-AHY adalah hoaks.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Twitter @Andiarief__

"Masih jauh pilpres, terpikirpun belum. Hoax ini," tulis akun Twitter @Andiarief__ pada 19 Maret 2021.

Referensi:

https://www.merdeka.com/politik/beredar-poster-deklarasi-jk-ahy-ini-kata-demokrat.html

https://twitter.com/Andiarief__/status/1372833390915846144

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang deklarasi, Jusuf Kalla dan Agus Harimurti Yudhoyono yang beredar lewat gambar poster ternyata tidak benar. Faktanya, poster tersebut palsu dan tidak ada acara deklarasi JK-AHY.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: